Penyebab Jerapah Lehernya Panjang Terungkap

Ilustrasi jerapah dan anaknya.
Sumber :
  • pixabay/hbieser

VIVA Tekno – Jerapah terkenal dengan leher panjang mereka yang ikonik dan hal ini sering dijadikan contoh utama seleksi alam oleh Charles Darwin yang dirangkum sebagai "survival of the fittest" atau "kelangsungan hidup yang terkuat".

Aktor Bollywood Ditangkap di Bandara Soetta, Diduga Selundupkan 3 Hewan Dilindungi

Tetapi tahukah Anda, selain untuk mencapai daun-daun tinggi di pohon, leher panjang jerapah ternyata juga berfungsi dalam persaingan mendapatkan pasangan?

Dalam penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa pertempuran untuk mendapatkan pasangan mungkin menjadi salah satu alasan utama mengapa leher jerapah berevolusi menjadi begitu panjang.

Bea Cukai Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Tiga Satwa Langka oleh WNA Asal India

Mari kita telusuri lebih jauh tentang penemuan menarik ini yang memberikan wawasan baru tentang evolusi Jerapah.

Hati-hati Kalau Gaya Bicara Manusia Berubah

Anak jerapah (giraffa camelopardalis) yang bernama Azzanti (kedua kanan) bersama jerapah dewasa di Taman Safari Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Selasa, 30 April 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Namun, para peneliti kini menemukan bagian lain dari teka-teki evolusi jerapah. Selain untuk mencapai makanan yang tinggi, leher panjang jerapah mungkin juga hasil dari persaingan ketat untuk mendapatkan pasangan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science oleh tim internasional paleontolog dan paleobiolog, seperti dilansir dari Smithsonian Magazine

Pada tahun 1996, paleontolog di Tiongkok utara menemukan tengkorak yang tidak biasa dan beberapa tulang leher dari hewan misterius yang mereka sebut "guài shòu," atau "binatang aneh". Sekarang, hewan ini diberi nama Discokeryx xiezhi, dan para ilmuwan telah menyusun gambaran tentang bagaimana hewan ini mungkin hidup sekitar 16,9 juta tahun yang lalu.

Jerapah berotot

Photo :
  • http://www.onvsoff.com

Discokeryx xiezhi adalah kerabat awal jerapah saat ini, tetapi lebih seperti sepupu daripada nenek moyang langsung. Hewan ini seukuran domba besar dengan tengkorak kokoh yang memiliki pelat setebal satu inci di dahinya, serta tulang leher yang sangat tebal. Ia hidup di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Tiongkok utara selama pertengahan Miosen yang hangat dan basah, sekitar 5,3 hingga 23 juta tahun yang lalu, memakan rumput dan tanaman berdaun.

Ketika mereka tidak sedang merumput, jerapah jantan kemungkinan besar bertarung, menggunakan kepala dan leher mereka yang sangat kuat untuk saling menghantam dalam persaingan mendapatkan pasangan. Para peneliti berpendapat bahwa Discokeryx xiezhi mungkin memiliki sendi kepala dan leher yang terkuat dan paling kompleks dari mamalia mana pun yang pernah ada. 

Mereka membandingkan Discokeryx xiezhi dengan dinosaurus, musk oxen, dan beberapa jenis domba, yang semuanya cenderung menggunakan kepala mereka dalam pertempuran, dan menentukan bahwa hewan ini kemungkinan bisa mengalahkan mereka semua dalam hal adu kepala.

"Sejauh yang kami tahu, D. xiezhi menunjukkan adaptasi adu kepala yang paling optimal dalam evolusi vertebrata," tulis para peneliti dalam makalah mereka.

Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang mengapa jerapah modern mungkin berevolusi dengan leher yang begitu panjang. Selain untuk mencapai makanan, leher panjang mereka juga mungkin berfungsi untuk persaingan seksual. 

Meskipun mereka tidak benar-benar saling menghantam kepala, jerapah jantan modern mengayunkan leher mereka dengan keras untuk menghantam kepala mereka ke tubuh satu sama lain. Penemuan Discokeryx xiezhi menunjukkan bahwa gaya bertarung ini dan persaingan untuk pasangan mungkin menjadi faktor yang berkontribusi dalam evolusi leher panjang mereka.

"Kedua jerapah hidup dan Discokeryx xiezhi termasuk dalam Giraffoidea, sebuah superfamily," kata Shiqi Wang, seorang paleontolog dari Chinese Academy of Sciences dan salah satu penulis studi tersebut. 

"Meskipun morfologi tengkorak dan leher mereka sangat berbeda, keduanya terkait dengan perjuangan pacaran jantan dan keduanya berevolusi dalam arah yang ekstrem."

Namun, hal ini tidak sepenuhnya menjelaskan mengapa jerapah betina juga memiliki leher panjang, atau mengapa kedua jenis kelamin memiliki anggota tubuh yang begitu panjang. Para ilmuwan percaya bahwa sejumlah faktor, dan kemungkinan bukan satu katalis spesifik, mendorong jalur evolusi mereka.

"Pada kenyataannya, kemungkinan itu adalah kombinasi seleksi alam untuk preferensi makanan tertentu dan seleksi seksual dalam garis keturunan tersebut yang mendorong evolusi leher dan anggota tubuh jerapah modern," kata Advait Jukar, seorang paleobiolog di Universitas Yale yang tidak terlibat dalam studi tersebut. 

Jika Darwin masih hidup hari ini, ia mungkin akan terpukau oleh temuan terbaru ini dalam penelitian evolusi. Penemuan ini tidak hanya memperkaya pemahaman kita tentang evolusi jerapah, tetapi juga menyoroti kompleksitas seleksi alam dan bagaimana berbagai faktor dapat mempengaruhi perkembangan spesies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya