Solusi Keamanan Cloud Terlengkap Diluncurkan

Peluncuran solusi keamanan cloud oleh Biznet Gio, Cisometric dan Hyperjump.
Sumber :
  • VIVA/Trisya Frida

VIVA Tekno – Dengan meningkatnya ancaman siber yang semakin kompleks setiap tahunnya, berbagai sektor industri mengalami gangguan dan kerugian yang signifikan.

Hati-hati saat Bepergian

Menyikapi hal ini, Biznet Gio, penyedia layanan komputasi awan (cloud computing), meluncurkan Solusi Keamanan Cloud yang komprehensif.

Peluncuran ini melibatkan kerja sama dengan mitra strategis seperti Cisometric dan Hyperjump.

4 Jurus Jitu Hindari Insiden di Acara Besar dengan Crowd Control Efektif

Biznet Gio memperkenalkan beberapa produk layanan keamanan cloud yang inovatif untuk menghadapi tantangan keamanan siber masa kini.

Beberapa solusi yang ditawarkan antara lain peluncuran fasilitas Security Operations Center (SOC), sistem monitoring terpadu, dan perolehan berbagai sertifikasi keamanan global.

Jokowi Tegaskan Semua Server Harus Punya Backup Data

Security Operations Center (SOC) Terintegrasi

Peluncuran solusi keamanan cloud oleh Biznet Gio, Cisometric dan Hyperjump

Photo :
  • Istimewa

Dalam kerja sama dengan Cisometric, penyedia layanan konsultasi keamanan siber, Biznet Gio meluncurkan fasilitas SOC.

Fasilitas ini mengedepankan standar pengamanan tertinggi dan dilengkapi dengan personil keamanan siber berpengalaman, serta teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan sistem pengolahan data mutakhir.

SOC ini memungkinkannya menjadi penyedia layanan cloud pertama di Indonesia yang menawarkan fasilitas terintegrasi pada layanan infrastruktur cloud dan data center miliknya.

Hal ini memudahkan pelanggan untuk melindungi sistem dan layanan digital mereka dari berbagai gangguan dan serangan siber.

"Solusi keamanan tersebut merupakan komitmen kami untuk menghadirkan rasa aman kepada seluruh pelanggan serta menjadi inovasi dalam mengantisipasi potensi celah keamanan siber yang semakin kompleks," kata CEO Biznet Gio Dondy Bappedyanto di Jakarta, Kamis, 4 Juli 2024.

Ia menambahkan bahwa rangkaian ekosistem keamanan yang ditawarkan dapat memberikan perlindungan menyeluruh serta pemantauan proaktif pada sistem digital pelanggan.

"Selain menjawab tantangan keamanan siber di kalangan industri, rangkaian ekosistem keamanan yang kami hadirkan dapat memberikan perlindungan menyeluruh serta pemantauan secara proaktif pada sistem digital pelanggan,” tuturnya.

Selain fasilitas SOC, ditawarkan juga berbagai layanan keamanan lainnya, seperti Peninjauan Celah Keamanan (Vulnerability Assessment), menilai celah keamanan yang ada dalam sistem pelanggan.

Uji Coba Pembobolan (Penetration Testing), menguji sistem keamanan dengan simulasi serangan siber, Identifikasi dan Deteksi Potensi Serangan, mengidentifikasi dan mendeteksi serangan yang mungkin terjadi, dan ada juga Metode Mitigasi dan Pemulihan Pascaserangan yang menyediakan cara untuk memitigasi dan memulihkan sistem setelah serangan terjadi.

Biznet Gio juga telah menerapkan berbagai lapisan keamanan untuk melindungi sistem pelanggan, seperti penangkal serangan Distributed Denial of Service (Anti DDoS) dan Multi-Factor Authentication (MFA).

Sementara itu, kolaborasinya dengan Cisometric bertujuan untuk memberikan visibilitas pengamanan dan mitigasi cepat kepada pelanggan.

Kombinasi antara pengalaman dan keahlian Cisometric dalam mengelola keamanan siber dengan teknologi mutakhir serta sumber daya manusia (SDM) dari Biznet Gio akan memberikan solusi perlindungan terbaik bagi aset dan sistem krusial pelanggan.

“Pengalaman dan keahlian kami mengelola keamanan siber dikombinasikan dengan teknologi mutakhir serta SDM dari Biznet Gio akan memberikan solusi perlindungan terbaik bagi aset dan sistem krusial pelanggan,” ungkap Pendiri Cisometric Hana Abriyansyah. 

Sistem Monitoring Terpadu

Peluncuran solusi keamanan cloud oleh Biznet Gio, Cisometric dan Hyperjump

Photo :
  • VIVA/Trisya Frida

Peluncuran solusi keamanan cloud oleh Biznet Gio, Cisometric dan Hyperjump

Photo :
Sebagai bagian dari ekosistem solusi keamanan, Biznet Gio meluncurkan layanan monitoring server bernama NEO Sense.

Layanan hasil kolaborasi dengan Hyperjump ini mampu memberikan laporan kondisi server atau sistem secara real-time dan historis, sehingga proses identifikasi kendala dapat dilakukan lebih cepat.

Managing Partner Hyperjump Ari Awan menjelaskan bahwa kerja sama ini memungkinkan mereka untuk menghadirkan solusi yang proaktif dan responsif.

Dengan NEO Sense, pelanggan dapat mendeteksi masalah sejak dini dan menyelesaikannya dengan cepat, baik selama tahap pengembangan maupun produksi.

“Kerja sama strategis dengan Biznet Gio, didukung oleh pengalaman kami dalam mengembangkan sistem monitoring, memungkinkan kami untuk menghadirkan solusi yang proaktif dan responsif. Dengan NEO Sense, pelanggan dapat mendeteksi masalah sejak dini dan menyelesaikannya dengan lebih cepat,” ujarnya.

Pelanggan yang menggunakan NEO Sense akan mendapatkan notifikasi otomatis melalui email, Telegram, dan berbagai kanal komunikasi lainnya jika terjadi anomali pada server atau sistem mereka. Hal ini membantu meminimalisir risiko kerugian yang dapat terjadi.

Sertifikasi Keamanan untuk Industri Kesehatan

Komitmen Biznet Gio terhadap solusi keamanan diperkuat dengan perolehan dua sertifikasi keamanan baru, yaitu ISO 27799 (standar internasional keamanan informasi untuk industri kesehatan) dan ISO 20000 (standar manajemen keamanan pada layanan teknologi informasi).

Dengan berbagai solusi keamanan ini, Biznet Gio juga akan menghadirkan layanan terbaru seperti Disaster Recovery as a Service (DRaaS), Virtual Private Server (VPS) berskala enterprise, GIO Enterprise Cloud, proteksi Endpoint, Sertifikat Keamanan Digital, hingga solusi antivirus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya