8 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur Malam, Bisa Seperti Ini

Ilustrasi minum air/air putih.
Sumber :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Jakarta – Kita tahu air putih memiliki peran penting terhadap kesehatan tubuh, Namun, kita juga kerap abai dalam memenuhi kebutuhan harian dan lebih memilih minuman jenis lain, seperti minuman kemasan yang terbukti kurang baik untuk tubuh.

Body Contouring Lagi Tren, Benarkah Bisa Turunkan Berat Badan secara Instan?

Seiring bertambahnya kesadaran gaya hidup sehat, kebiasaan minum air putih pun meningkat. Minum air putih penting dilakukan sepanjang hari untuk memastikan tubuh terhidrasi.

Lantaran tubuh membutuhkan air guna mendukung organ berfungsi optimal dan membuang racun keluar dari tubuh. Racun atau limbah sisa metabolisme yang tertimbun akan menimbulkan bahaya terhadap kebugaran.

Jadi Rangkaian Perawatan Kulit Nikita Willy, Ini Manfaat Es Batu untuk Kecantikan

Rutinitas minum air putih sebelum tidur di malam hari penting dilakukan karena nyatanya organ-organ masih tetap bekerja saat tubuh sedang istirahat.

Kebiasaan tersebut menyimpan berbagai manfaat, salah satunya bisa turunkan berat badan, kulit jadi lebih bersinar (glowing) hingga menunjang kesehatan secara menyeluruh. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini:

10 Kebiasaan Bantu Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur Malam

Minum air putih

Photo :
  • http://www.geeniuss.com/2014/11/inilah-manfaat-minum-air-putih-bagi.html

1. Menyeimbangkan Suhu Tubuh

Mengutip wionews.com, minum air sebelum tidur di malam hari berperan untuk mengatur suhu tubuh dalam kisaran normal, yakni sekitar 36,5 derajat Celcius. Alhasil, tidur menjadi lebih nyaman. Berbeda dengan kondisi tubuh kurang air maka tubuh akan merasa kepanasan atau kedinginan yang membuat tidur kurang nyenyak. 

2. Mengatasi Gangguan Tidur

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan kebiasaan minum air putih sebelum tidur berpotensi mengurangi gangguan tidur, seperti mendengkur dan apnea tidur (sleep apnea). Air putih berperan mempertahankan sistem pernapasan rileks sehingga rongga udara terbuka. Di mana gangguan tidur kerap terjadi karena kurangnya cairan dalam tubuh sehingga rongga menyempit yang menyebabkan sulit bernapas. 

Ilustrasi detak jantung.

Photo :
  • Pixabay/Inspiredpictures

3. Meningkatkan Fungsi Ginjal dan Jantung

Cairan cukup saat tertidur mendukung fungsi ginjal dalam menyaring dan proses pembuangan racun dalam tubuh. Melansir Taste of Home, konsumsi air putih sebelum tidur juga menjaga kesehatan jantung karena proses memompa darah ke seluruh tubuh jadi lebih ringan.

4. Tidur Menjadi Lebih Berkualitas

Air putih juga berkontribusi terhadap kualitas tubuh yang lebih baik. Hal itu karena kemampuannya dalam mengurangi potensi kram atau sakit kepala yang menyebabkan tidur terganggu. 

5. Turunkan Berat Badan

Taste of Home menuliskan beberapa penelitian menemukan korelasi antara minum air putih sebelum tidur sebagai cara alami turunkan berat badan. Kondisi tubuh yang terhidrasi dapat meningkatkan metabolisme. Artinya selama kita tidur maka tubuh tetap melakukan pembakaran lemak untuk mengurangi kalori dalam tubuh. Jika kebiasaan baik dilakukan secara konsisten bukan tidak tubuh jadi langsing tanpa diet.

Ilustrasi Kulit Wajah

Photo :
  • IG @makobyseris.official

6. Kulit Sehat dan Bersinar

Segelas air sebelum tidur dapat membuat kulit bersinar (glowing) di pagi hari. Pasalnya, kulit yang terhidrasi dari kebiasaan minum air putih akan lebih kencang. Sementara seseorang yang jarang minum air putih cenderung memiliki kulit kusam dan kendur.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Minum air putih sebelum tidur membantu meningkatkan fungsi otak dan memori. Dehidrasi dapat mempengaruhi konsentrasi dan fokus, sehingga minum air putih sebelum tidur dapat membantu Anda belajar dan bekerja lebih baik.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Minum air putih sepanjang hari maupun sebelum tidur membantu proses pembuangan bakteri dari sistem tubuh. Ketika tubuh dehidrasi menyebabkan bakteri  mengendap di kandung kemih. Alhasil, berpotensi mengakibatkan infeksi saluran kemih atau jenis infeksi lainnya. 

Jadi, tunggu apa lagi? Jadikan kebiasaan minum air putih sebelum tidur sebagai rutinitas pola hidup sehat dan dan rasakan manfaatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya