Begini Caranya Setop WhatsApp yang Disadap

WhatsApp.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

VIVA Tekno – Meskipun privasi menjadi suatu prioritas, namun tetap masih ada saja orang-orang yang mungkin berusaha untuk melanggarnya.

Mabes Polri Lakukan Ini soal Dugaan Data INAFIS Diretas

Ancaman hacker atau mata-mata tetap harus diwaspadai. Aplikasi WhatsApp menjadi salah satu yang rentan terkena sadap.

Untungnya, ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah hal ini terjadi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menghentikan seseorang yang sedang menyadap Anda di WhatsApp.

Startup Ini Bantu Literasi Keuangan Pelanggan Lewat Layanan WhatsApp

Cara Menghentikan WhatsApp yang Sedang Disadap

HP Ini Hilang padahal Baru Rilis, Kok Bisa

WhatsApp.

Photo :
  • Operation Eagle

1. Gunakan Perangkat Lunak Antivirus untuk Menghapus Malware

Meskipun WhatsApp memiliki fitur keamanan seperti enkripsi, itu bukan aplikasi pesan paling aman. Ada beberapa cara yang bisa digunakan seseorang untuk memantau Anda di WhatsApp, seperti menggunakan perangkat lunak atau aplikasi berbahaya.

Biasanya, mereka menggunakan serangan phishing yang mengirimkan pesan teks atau email berisi tautan atau lampiran berbahaya. Begitu Anda mengklik tautan tersebut, itu akan mengarahkan Anda ke situs web yang mengandung malware atau langsung menginstalnya di ponsel Anda.

2. Nonaktifkan Lokasi GPS

Jika Anda berbagi lokasi langsung dengan orang lain, mereka bisa melacak pergerakan Anda. Itulah sebabnya 45% pengguna internet proaktif menonaktifkan lokasi mereka untuk mencegah peretas dan perusahaan memantau pergerakan mereka.

Di iPhone:

- Buka Pengaturan > Privasi & Keamanan > Layanan Lokasi

- Matikan Layanan Lokasi

Di Android 12 atau yang lebih baru:

- Pilih Layanan Lokasi > Akurasi Lokasi Google > matikan Tingkatkan Akurasi Lokasi

Di Android 11 atau yang lebih lama:

- Pilih Lanjutan > Akurasi Lokasi Google > matikan Tingkatkan Akurasi Lokasi

3. Ubah Kata Sandi 

Jika Anda merasa ada yang mencurigakan di WhatsApp, akan lebih bijak untuk mengubah kata sandi ponsel atau komputer. Mengubah kata sandi juga disarankan jika Anda pernah meninggalkan perangkat tanpa pengawasan atau membuka kunci dengan kata sandi di hadapan orang lain, termasuk orang yang Anda percayai.

4. Aktifkan Autentikasi Dua Langkah

Autentikasi dua langkah adalah lapisan keamanan tambahan yang membantu melindungi akun WhatsApp Anda dari upaya peretasan. Saat mengaktifkannya, Anda harus memasukkan PIN enam digit saat masuk ke WhatsApp dengan nomor telepon Anda. Ini mencegah siapa pun yang mencoba menggunakan akun WhatsApp Anda di perangkat lain untuk memata-matai.

Cara mengatur autentikasi dua langkah di WhatsApp:

- Buka WhatsApp dan pergi ke Pengaturan > Akun > Verifikasi Dua Langkah > Aktifkan

- Masukkan PIN enam digit, masukkan lagi untuk mengonfirmasinya, dan ketuk Berikutnya

- Masukkan alamat email (opsional). Jika Anda tidak ingin menambahkannya, ketuk Lewati > Lewati Email.

5. Instal VPN

WhatsApp, seperti aplikasi lainnya, bergantung pada internet untuk berfungsi. Anda mungkin terhubung ke jaringan Wi-Fi pribadi untuk menggunakan WhatsApp, yang aman. Namun, kemungkinan Anda juga terhubung ke jaringan Wi-Fi publik saat berada di luar, seperti di restoran, bandara, atau ruang kerja bersama. Sayangnya, ini terlalu berisiko karena jaringan Wi-Fi publik biasanya tidak aman, yang berarti peretas dapat dengan mudah membobolnya.

Untuk alasan ini, sebaiknya hindari menggunakan Wi-Fi publik, tetapi jika Anda harus, pastikan Anda menggunakan VPN saat terhubung. Ini akan menyembunyikan alamat IP Anda di internet dan mengenkripsi semua data yang keluar, mencegah peretas memata-matai Anda.

6. Ubah Nomor Telepon 

WhatsApp menggunakan nomor telepon seluler Anda. Selama Anda menggunakan nomor yang sama dan penguntit Anda menyimpannya, mereka bisa memantau aktivitas WhatsApp Anda.

Pertimbangkan untuk mengubah nomor telepon Anda untuk menghentikan seseorang memata-matai WhatsApp Anda:

- Buka WhatsApp dan pergi ke Pengaturan > Akun > Ganti Nomor > Berikutnya

- Masukkan nomor telepon lama (saat ini) dan yang baru di kolom yang disediakan, lalu ketuk Berikutnya

- Jika Anda ingin WhatsApp memberitahu kontak Anda tentang perubahan nomor Anda, aktifkan Beritahu Kontak, pilih antara memberi tahu semua kontak, kontak yang Anda miliki percakapan terbuka, dan daftar khusus, lalu ketuk Selesai.

7. Reset Ponsel 

Anda dapat memeriksa spyware di ponsel, tetapi Anda tidak selalu dapat menemukannya karena sebagian besar perangkat lunak berbahaya dirancang untuk tetap tersembunyi. Cara terbaik adalah melakukan reset pabrik pada ponsel Anda. Ini akan menghapus spyware WhatsApp tanpa kerja tambahan dari pihak Anda. Jangan lupa untuk mencadangkan file Anda terlebih dahulu untuk menghindari kehilangannya.

Untuk reset iPhone Anda:

- Buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Reset iPhone

- Pilih antara opsi Reset dan Hapus Semua Konten dan Pengaturan. Harap dicatat bahwa opsi terakhir menghapus semua konten di iPhone Anda. Jika Anda memilih opsi ini, cadangkan ponsel Anda terlebih dahulu.

Untuk reset ponsel Android versi 5.0 dan yang lebih baru:

- Buka Aplikasi > Pengaturan > Cadangkan dan reset > Reset data pabrik

- Ketuk Reset Perangkat > Hapus Semua, dan selesai.

Untuk reset ponsel Android versi 5.0 atau yang lebih lama:

- Buka Pengaturan dan ketuk Umum & Cadangan dan reset > Reset data pabrik

- Ketuk Reset perangkat > Hapus semua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya