Pembunuh Planet Akan Menyapa Bumi

Asteroid mendekat ke Bumi.
Sumber :
  • New York Post

VIVA Tekno – Minggu ini, sebuah asteroid besar yang dijuluki "pembunuh planet" akan mendekati Bumi dengan kecepatan tinggi.

Hujan Ini Sudah Mencapai Puncak, Catat Waktunya

Asteroid yang dikenal sebagai 2011 UL21 tersebut akan melintas dengan aman melewati planet kita pada kecepatan sekitar 58.000 mph (93.000 km/jam).

Meskipun dianggap "berpotensi berbahaya," batuan luar angkasa berukuran gunung ini tidak akan menabrak Bumi.

Akan Ada Bintang Baru di Orbit Bumi

2011 UL21 adalah asteroid dekat-Bumi, yang berarti orbitnya kadang-kadang membawanya dekat dengan planet kita. Dilansir dari Live Science, asteroid ini mengorbit Matahari setiap tiga tahun sekali.

Menurut pengamatan sebelumnya, 2011 UL21 memiliki lebar antara 1,1 dan 2,4 mil (1,7 hingga 3,9 kilometer), membuatnya lebih besar dari 99% asteroid dekat-Bumi lainnya yang diketahui.

BMKG: Suhu Panas Maksimum di Aceh hingga Jakarta Capai 35 Derajat

Asteroid mendekati Bumi.

Photo :
  • India.com

Meskipun ukurannya yang besar, 2011 UL21 tidak sebesar asteroid Vredefort yang menghantam Bumi jutaan tahun lalu atau asteroid yang memusnahkan dinosaurus sekitar 66 juta tahun silam.

Namun, jika Asteroid 2011 UL21 menabrak Bumi, dampaknya bisa menyebabkan kerusakan skala benua dan memicu perubahan iklim signifikan. Inilah mengapa asteroid ini disebut sebagai "pembunuh planet."

Pada Kamis hari ini, 27 Juni 2024, “pembunuh planet” akan melintas sekitar 4,1 juta mil (6,6 juta km) dari Bumi.

Ini adalah jarak terdekat yang dicapai oleh asteroid ini dalam lebih dari 110 tahun. Meskipun jarak tersebut masih sekitar 17 kali lebih jauh dari Bumi dibandingkan dengan Bulan, NASA menganggapnya sebagai objek yang berpotensi berbahaya.

Meskipun asteroid ini tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi, baik sekarang maupun di masa depan, namun batu luar angkasa tersebut menarik perhatian karena mungkin satu dari sepuluh asteroid terbesar yang pernah mendekati Bumi dalam jarak 4,7 juta mil (7,5 juta km) sejak 1900.

Bagaimana Menyaksikannya?

Asteroid pembunuh planet

Photo :
  • Dark Energy Camera (DEC)

Anda dapat menyaksikan pendekatan terdekat Asteroid 2011 UL21 berkat siaran langsung gratis dari Proyek Teleskop Virtual (VTP).

Siaran ini akan menunjukkan pandangan asteroid dari Observatorium Astronomi Bellatrix di Ceccano, Italia yang dimulai pukul 4 sore ET dengan pendekatan terdekat diprediksi terjadi 15 menit kemudian.

Jika Anda memiliki teleskop yang baik, Anda juga mungkin bisa melihat asteroid ini di langit malam. Ia akan berada pada titik terang tertingginya pada 28 dan 29 Juni 2024 dan harus terlihat dari Belahan Bumi Utara jika Anda tahu di mana mencarinya.

Pada titik terangnya, ia akan memiliki kecerahan yang mirip dengan Proxima Centauri — bintang terdekat yang diketahui dengan Matahari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya