Hujan Ini Sudah Mencapai Puncak, Catat Waktunya

Ilustrasi hujan meteor.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Pada 27 Juni 2024, para pengamat langit memiliki kesempatan untuk menyaksikan puncak hujan meteor Bootid.

Akan Ada Bintang Baru di Orbit Bumi

Meski hujan meteor ini biasanya tidak begitu kuat, terkadang bisa menghasilkan lebih dari seratus meteor per jam, memberikan kejutan bagi mereka yang melihatnya.

Hujan meteor Bootid pada bulan Juni berasal dari komet 7P/Pons-Winnecke. Fenomena alam ini terjadi ketika Bumi bergerak di sisa debu komet periodik 7P/Pons-Winnecke.

Video Pengendara Motor Tergelincir di Jalan Licin Akibat Melaju Kencang

Komet ini memiliki jalur yang membawa puing-puing yang menciptakan meteor saat memasuki atmosfer Bumi.

Meskipun sulit diprediksi, hujan meteor ini pernah menunjukkan aktivitas yang kuat pada 1998 dan 2004.

Siap-siap Menatap Langit Malam Ini

Ilustrasi hujan meteor.

Photo :
  • www.space.com/Ian Forsyth/Getty

Di tahun-tahun tersebut, hujan meteor Bootid menghasilkan antara 20 hingga 100 meteor per jam. Namun, pada 2010, hujan meteor ini hanya menghasilkan kurang dari sepuluh meteor per jam.

Biasanya, hujan meteor Bootid menghasilkan sekitar 1-2 meteor per jam, seperti dilansir dari Orbital Today.

Komet 7P/Pons-Winnecke bergerak dalam jalur oval dari dekat orbit Bumi hingga melewati orbit Jupiter. Terakhir kali komet ini mendekati Bumi adalah pada 2002.

Ketika Bumi melewati bagian padat dari ekor komet ini, kita mendapatkan hujan meteor. Meteor Bootid memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi, sekitar 18 km/detik (40.000 mph).

Waktu Terbaik untuk Melihat Hujan Meteor Bootid

Ilustrasi penampakan hujan meteor.

Photo :
  • NASA/Bill Ingalls

Hujan meteor Bootid aktif setiap tahun dari 22 Juni hingga 2 Juli 2024. Pada tahun ini, puncaknya diperkirakan terjadi pada Kamis hari ini, 27 Juni.

Waktu terbaik untuk mengamati hujan meteor ini adalah setelah matahari terbenam dan sebelum bulan terbit, karena bulan purnama dapat mengurangi visibilitas meteor.

Meskipun tidak ada peningkatan aktivitas yang diperkirakan untuk tahun ini, Anda masih bisa melihat 1-2 meteor dalam per jam.

Cara paling baik melihat hujan meteor Bootid adalah dilihat dari Belahan Bumi Utara, terutama di daerah dengan lintang tinggi seperti di Inggris.

Meteor ini tampaknya memancar dari rasi bintang Bootes, yang memberikan nama "Bootid". Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, carilah lokasi yang jauh dari cahaya kota dengan pandangan yang jelas ke langit malam.

Anda tidak memerlukan peralatan khusus, cukup nikmati dengan mata telanjang. Dengan sedikit keberuntungan dan cuaca yang bersahabat, Anda bisa menyaksikan keindahan hujan meteor Bootid.

Jangan lupa membawa selimut atau kursi nyaman untuk menikmati pertunjukan langit yang satu ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya