Mengupas Manfaat Biji Bunga Matahari

Direktur Pemasaran Tetra Pak untuk Malaysia, Singapura, Filipina dan Indonesia John Jose.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – Bunga Matahari (Helianthus annuus L) memiliki 'ikatan batin' dengan sinar Matahari. Pada hari yang cerah, Bunga Matahari akan 'bergerak' mengikuti pergerakan sinar Matahari dari terbit sampai tenggelam.

Ungkap Rahasia Kulit Awet Muda Lewat Sarang Burung Walet

Gerakan ini disebut heliotropisme. Ditanam di tanah yang subur dan hangat, Bunga Matahari akan tumbuh dengan baik pada suhu 22–30 derajat Celsius serta derajat keasaman atau pH antara 6,5–7,5.

Biji pada Bunga Matahari dapat dimanfaatkan sebagai penghasil minyak nabati berkualitas tinggi.

Tantangan Makin Banyak, Pelayanan Jangan Anjlok

Tingginya kandungan gizi dalam biji Bunga Matahari berperan sebagai antioksidan, mencegah penyakit jantung, peradangan, diabetes, serta dapat mencegah kanker.

Bijinya pun bisa diolah menjadi minyak nabati, margarin, kopi, hingga tepung rendah gluten untuk diet.

Penuh Inovasi, Eman Suherman Jadi Harapan Kemajuan Masa Depan Majalengka

Banyaknya manfaat Bunga Matahari membuat Tetra Pak melirik tanaman ini. Perusahaan pengolahan serta pengemasan makanan dan minuman itu menghadirkan inovasi, yaitu Sunflower protein.

Inovasi tersebut berupa bahan baru minuman yang berasal dari biji Bunga Matahari yang memiliki kandungan protein tinggi.

Direktur Pemasaran Tetra Pak untuk Malaysia, Singapura, Filipina dan Indonesia, John Jose mengatakan, minuman dari biji Bunga Matahari dihadirkan sebagai alternatif susu sapi atau susu berbahan nabati yang sudah banyak beredar di pasaran.

"Ini sesuatu yang baru. Kami meyakini biji Bunga Matahari sebagai bahan baku bergizi dan berkelanjutan," kata dia, ketika berbincang dengan VIVA Tekno dan sejumlah media massa di Jakarta, belum lama ini.

Menurut John Jose, bahan baru minuman yang berasal dari biji Bunga Matahari dinilai memiliki efektivitas atau nilai nutrisi protein yang tinggi dan hemat dari sisi biaya produksi.

Untuk itu, ia memperkenalkan kopi dari biji Bunga Matahari yang rasanya diklaim enak dan segar.

"Nantinya pelanggan bisa memanfaatkan inovasi ini dengan menggabungkan kombinasi bahan yang lain untuk menghasilkan produk yang lebih baik. Sunflower protein pastinya bisa dikombinasikan dengan bahan minuman yang berbeda, namun tidak mengubah efektivitas nutrisi protein dengan rasa yang enak, gurih dan segar," papar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya