Nama Telkomsel Muncul 3 Kali di Copenhagen

Bendera Denmark.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Nama Telkomsel muncul tiga kali di Copenhagen, ibu kota Denmark. Hal itu karena anak usaha Telkom Group ini meraih tiga penghargaan dari TM Forum’s Innovation Awards pada perhelatan Digital Transformation World atau DTW 2024.

Huawei MateBook X Pro, Laptop Premium dengan Performa Kuat

Melalui kolaborasi bersama sejumlah operator telekomunikasi dan perusahaan teknologi global, ada tiga penghargaan yang diterima Telkomsel.

Ketiganya yaitu ⁠Best Moonshot Catalyst - Attendee's Choice Award, Outstanding Catalyst - Rising Star, dan ⁠Outstanding Catalyst - Attendee's Choice Award.

Huawei MateBook 14, Laptop untuk Semua Kalangan

Pada kategori Best Moonshot Catalyst - Attendee's Choice Award berhasil diraih Telkomsel bersama sejumlah operator telekomunikasi dan perusahaan teknologi, yakni China Mobile, MTN South Africa, Huawei dan ZTE, Sand Technologies, Asia Info Technologies China, serta Whale Cloud Technology melalui proyek inovasi ‘GenAI for AN’.

Proyek ini terkait pemanfaatan kecerdasan buatan generatif (generative AI/AI generatif) untuk otomatisasi dan optimalisasi jaringan telekomunikasi (autonomous network) seperti perencanaan dan pemeliharaan jaringan yang lebih efisien, mulai dari analisis data sampai dengan pengambilan keputusan otomatis.

Telkomsel Ingin Menerapkan 'Palm Scanner', Apa Itu

Kemudian, kategori Outstanding Catalyst - Rising Star. Penghargaan ini diberikan berkat inovasi ‘AI for Customer Perception Network Optimization’ yang dikembangkan oleh Telkomsel bersama dengan AIS Thailand, China Mobile, China Unicom, Saudi Telecom Company (STC), Huawei dan ZTE, serta Inspur Communication Information Systems.

Proyek ini juga memanfaatkan big data dan teknologi digital twin untuk mengidentifikasi dan menangani masalah sebelum pelanggan mengeluh, serta meningkatkan penanganan keluhan menggunakan pengenalan suara dan sinyal.

Terakhir, kategori ⁠Outstanding Catalyst - Attendee's Choice Award diberikan kepada Telkomsel dan perusahaan telekomunikasi digital dan teknologi yakni AIS Thailand, China Mobile, Globe Filipina, Saudi Telecom Company (STC), Huawei, Hangzhou Eastcom Software Technology, dan Sudo Technology.

Mereka yang telah berinovasi memanfaatkan kemampuan pengambilan keputusan (decision intelligence) berbasis data untuk meningkatkan Net Promoter Score (NPS) dengan nama proyek ‘Data to NPS: Boosting NPS’.

"Penghargaan ini merupakan komitmen kami yang senantiasa menyediakan konektivitas, layanan, dan solusi inovatif serta unggul bagi setiap orang, setiap rumah, dan kegiatan usaha," kata Direktur Jaringan Telkomsel Indra Mardiatna, Senin, 24 Juni 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya