Inovasi Terbaru Industri Influencer dengan KOL.ID

Founder & Co Founder KOL.ID
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Anda mungkin sering melihat promosi produk atau konten pemasaran yang dibuat oleh para influencer di media sosial. Influencer atau Key Opinion Leader (KOL), adalah individu yang memiliki pengaruh besar di media sosial. Mereka memiliki banyak pengikut dan dapat mempengaruhi pendapat orang lain terhadap suatu brand atau produk.

Jumlah Trainee Menurun Drastis, Masa Depan K-Pop Terancam

Saat ini, banyak brand yang memanfaatkan pengaruh influencer marketing. Baik itu mega-influencers maupun micro-influencers, keduanya dipilih untuk menjadi bagian dari strategi pemasaran. Studi menunjukkan bahwa kolaborasi dengan micro-influencers menghasilkan hasil yang lebih efektif. Tidak mengherankan jika pada tahun lalu, 64% brand bekerja sama dengan micro-influencers, sementara 27% bekerja sama dengan mega-influencers.

KOL.ID

Photo :
  • KOL.ID
Komjen Wahyu Ungkap Kendala Usut Artis dan Selebgram yang Promosikan Judi Online

Saat ini, di Indonesia sendiri sudah ada sekitar 1,1 juta influencers. Ini terdiri dari lebih dari 0,13 juta micro-influencers, 14,5 ribu macro-influencers, lebih dari seribu selebritis, dan 0,98 juta nano-influencers. Dengan angka ini, tidak mengherankan banyak brand yang memilih bekerja sama dengan para influencer untuk mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan produk mereka.

Influencer sering kali berbagi konten yang relevan dengan minat dan gaya hidup mereka, dan membangun relasi yang kuat dengan followers mereka. Para influencer bisa berasal dari berbagai macam latar belakang, mulai dari selebriti, ahli dalam suatu bidang, atau seseorang yang memiliki keunikan dalam memproduksi konten. Kerjasama dengan influencer merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan dengan audiens target.

Bareskrim Polri Ungkap Kendala Usut Artis yang Promosikan Judi Online

Di tengah dinamika yang terus berubah dalam dunia pemasaran influencer, KOL.ID muncul sebagai pionir dengan platform all-in-one yang mengakomodasi Key Opinion Leader (KOL) di Indonesia. Dengan aksesibilitas melalui perangkat desktop dan mobile, KOL.ID membekali para influencer dan brand untuk mengoptimalkan promosi dengan lancar.

Founder & Co Founder KOL.ID

Founder & Co Founder KOL.ID

Photo :
  • Istimewa

Bermarkas di Jakarta, KOL ID resmi hadir di Indonesia. Chief Marketing Officer KOL.ID mengatakan "Teknologi KOL.ID menawarkan solusi revolusioner untuk membuat rate card bagi Key Opinion Leaders. Platform kami mengintegrasikan data real-time dari platform media sosial populer seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. Hal ini menghilangkan hal bias dalam memasukkan metrik media sosial secara manual. Selain itu, para influencer dapat dengan mudah berbagi rate card terbaru mereka kepada brand dan klien yang tertarik", ujar Fivyola Hendra pada Rabu, 5 Juni 2024. 

Senada, Rizky Permata Najatafani, Chief Financial Officer di KOL.ID menjelaskan manfaat KOL.ID bagi brand. "Dari sudut pandang brand, KOL.ID memberikan wawasan berharga terkait harga rate card terbaru, disertai dengan metrik yang komprehensif. Pihak brand sekarang dapat mengakses data penting seperti Engagement rate, Average like dan komentar per postingan, jumlah Views, demografi Followers, dan lokasi Followers. Kekayaan informasi ini memberdayakan brand untuk membuat keputusan yang tepat dalam memilih KOL untuk kegiatan promosi, memastikan efektivitas maksimal", ujar Permata. 

Dengan tagline "All About KOL," KOL.ID menjadi pilihan utama bagi KOL dan Brand yang mencari solusi pembuatan dan evaluasi rate card yang dapat diandalkan. Platform ini menawarkan metrik yang cepat, terkini, dan dapat dipercaya, memfasilitasi strategi pemasaran influencer yang optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya