Keren! Viral Penampakan Laptop Tanpa Layar, Terobosan Teknologi Teranyar yang Mumpuni

Laptop tanpa layar
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Media sosial baru-baru ini dikejutkan oleh sebuah penampakan teknologi teranyar yang bentuknya sedikit bikin geleng kepala. Seperti diketahui teknologi saat ini semakin hari makin banyak yang mumpuni dan kecanggihannya tak diragukan lagi.

Huawei MateBook X Pro, Laptop Premium dengan Performa Kuat

Selain canggih, teknologi tersebut tak jarang mampu membantu serta mempermudah berbagai kegiatan masyarakat saat ini. Seperti salah satunya munculnya teknologi baru yang hadir dalam sebuah laptop. Pada umumnya, hampir setiap laptop memiliki layar. Namun tidak untuk kali ini.  

Kini telah hadir laptop pertama di dunia tanpa adanya sebuah layar. Lantas, bagaimana bisa difungsikan? Scroll untuk baca artikel selengkapnya berikut ini.

Huawei MateBook 14, Laptop untuk Semua Kalangan

Laptop Tanpa Layar

Keren, mungkin salah satu kata yang tepat untuk menggambarkan laptop canggih satu ini. Bagaimana tidak, ia bisa berfungsi tanpa adanya sebuah layar. Laptop ini dinilai sangat unik karena tanpa layar. Teknologi baru tersebut dinamakan Spacetop G1, produk terbaru dari Sightful yang menarik untuk Anda ketahui. Penampakannya seperti yang terlihat dalam unggahan video yang dibagikan akun Instagram @balichannel pada Senin, 24 Juni 2024.

Laptop Ini Bantu Pekerjaan Kreator

Tidak hanya menjadi konsep untuk masa depan komputasi seluler, tetapi kini sudah hadir di hadapan kita. Ini adalah laptop komersial pertama yang menghilangkan layar fisik dan dikenal sebagai "Screenless Laptop".

Produk perangkat AR ini hadir dengan kacamata yang nantinya akan bertugas sebaya layar laptop. Diluncurkannya produk Spacetop G1 ini menyusul perangkat sebelumnya dan memiliki rupa yang hampir sama seperti Vision Pro milik Apple.

Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality (AR), Spacetop G1 menciptakan monitor virtual besar di depan pengguna, memberikan layar yang lebih besar dan fleksibel tanpa beban layar fisik.

Dilengkapi dengan kacamata AR khusus, pengguna dapat menjalankan berbagai aktivitas, seperti bekerja, menonton film, atau melakukan video conference, dengan pengalaman yang benar-benar imersif.

Hadir sebagai laptop AR, perangkat ini miliki sejumlah spesifikasi untuk mendukung para pekerja seperti dengan memiliki tampilan layar sebesar 100 inci saat digunakan.

Menariknya, nantinya layar tersebut bisa digunakan sekaligus dalam beberapa monitor. Kacamata itu juga dilengkapi layar OLED dengan resolusi 1080p.

Refresh rate pada masing-masing kaca mencapai 90 Hz, dikutip VIVA.co.id dari Pocketlint pada Senin, 24 Juni 2024.

Produk ini akan tersedia dengan harga kisaran $1.900 atau sekitar Rp 30,8 juta dan rencananya akan dirilis pada bulan Oktober 2024 mendatang.

Sebagai informasi, Sightful memastikan bahwa perangkatnya ini bukan pesaing headset gaming VR atau Apple Vision Pro. Pocketlint menuliskan perangkat ditujukan bagi pekerja yang menyelesaikan pekerjaan di pesawat maupun tempat kerja. 

Reaksi Warganet

Viralnya video penampakan laptop tanpa layar ini pun sukses mengundang reaksi warganet di media sosial.

"Itu tetap pakai layar, cuma bentuknya jadi kaca mata," tulis warganet.

"Pabrik layar komputer terancam bangkrut," tulis lainnya.

"Buat nonton bok*p aman lah ya," tulis lainnya.

"Apple,Meta juga sudah produksi kacamata pintar," seru lainnya.

"Yang minus bisa jadi plus nti," tulis lainnya.

"Lhah.. mahal, harusnya kan lbh murah wong LCD itu termasuk komponen mahal pada laptop," seru lainnya.

"Cepat merusak saraf mata ini," kata lainnya.

"Kalau matanya minus gimana?apa double kacamata nya," seru lainnya.

"Komputer gak laku lagi ni," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya