Menurut Riset Ipsos, Shopee Unggul dalam Memberikan Pengalaman Belanja Online yang Memuaskan

Riset IPSOS di E-commerce
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Di awal tahun 2024, pasar digital terus menunjukkan perkembangan yang dinamis, mengikuti pula dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat dalam berbelanja online. Untuk memahami aspek-aspek yang mendasari preferensi konsumen dalam mendapatkan pengalaman berbelanja yang holistik, IPSOS melakukan riset bertajuk "Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce".

Aaliyah Massaid Suka Belanja Buat Thariq Halilintar, Biasanya Beli Barang Ini

Riset ini dilakukan dengan metode online panel dan melibatkan responden yang rutin berbelanja online melalui berbagai platform e-commerce di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa platform e-commerce yang menghadirkan pengalaman berbelanja yang holistik dengan mengedepankan kepuasan konsumen menjadi daya tarik utama.

Para pemain e-commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop terus meningkatkan daya saing mereka melalui inovasi fitur dan program, dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman belanja online dan memberikan kepuasan secara keseluruhan bagi konsumen.

Strategi Jitu Memilih Afiliator TikTok untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis di Era Digital

Riset IPSOS di E-commerce

Photo :
  • Istimewa

Menelaah lebih lanjut, berikut beberapa aspek yang dinilai esensial oleh responden dalam menentukan tingkat kepuasan berbelanja online:

50 Persen Pembeli Mobil Listrik Kecewa dan Berniat Kembali ke Mobil Bensin, Ini Alasannya

1. Ragam Metode Pembayaran

Shopee unggul dengan pilihan metode pembayaran terlengkap (64%), diikuti Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%). Shopee juga mendominasi metode pembayaran Cash On Delivery (COD) (66%), diikuti Tokopedia & Lazada (12%), dan TikTok Shop (10%).

2. Kelengkapan Produk dan Toko Resmi

Shopee unggul dalam menyediakan toko resmi terlengkap (68%), mengungguli Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).

3. Harga Termurah

Shopee menjadi platform dengan harga termurah (64%), jauh melampaui Lazada (13%), Tokopedia (12%), dan TikTok Shop (11%). Shopee juga unggul dalam program Garansi Harga Termurah (GHT) yang paling diketahui (74%), dibandingkan Lazada (49%), Tokopedia (47%), dan TikTok Shop (37%). Data ini didukung dengan hasil riset, dimana 88% responden kerap memanfaatkan Shopee Garansi Harga Termurah.

4. Ragam Pilihan Layanan Pengiriman

Shopee (66%) masih menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, disusul Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%).

5. Fitur Interaktif Live Shopping dan Video Pendek

Shopee unggul dalam layanan live streaming (63%), diikuti TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%). Shopee juga unggul dalam fitur video pendek paling menarik (61%), diikuti TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%).

"Riset kami menunjukkan bahwa konsumen Indonesia kini semakin selektif dalam memilih platform e-commerce andalan mereka. Hadirnya berbagai fitur dan program yang mendukung kepuasan berbelanja online menjadi faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap suatu platform," ujar Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia.

"Dari data yang telah kami peroleh dan sajikan melalui riset ini, terlihat jelas bahwa Shopee memahami pentingnya memberikan pengalaman belanja online holistik yang memuaskan dari awal hingga akhir bagi masyarakat," sambungnya.

Selain fitur belanja, aspek penting lainnya adalah memastikan pesanan sampai dengan cepat dan tepat. Riset IPSOS menemukan beberapa keunggulan Shopee dalam hal keamanan dan kenyamanan belanja online:

Kecepatan pengiriman, dalam hal ini Shopee (60%) menjadi platform dengan pengiriman tercepat, disusul Tokopedia (16%), Lazada (13%), dan TikTok Shop (9%). Shopee memiliki program "Garansi Tepat Waktu" yang paling dikenal (71%), jauh melampaui program serupa di platform lain.

Selain itu,  Shopee memiliki proses pengembalian barang tercepat (66%), dibandingkan Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan Tiktok Shop (8%). Program Garansi Bebas Pengembalian Shopee juga dikenal lebih luas (77%), dibandingkan program serupa di platform lain.

Indikator tingkat kepuasaan yang berbanding lurus dengan aspek rekomendasi, dipengaruhi oleh bagaimana pengalaman belanja online dari hulu ke hilir. Keunggulan Shopee dalam tingkat kepuasan, didukung oleh data, dimana Shopee (62%) menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop(42%), dan Lazada (36%). Temuan ini mengukuhkan posisi Shopee sebagai e-commerce yang paling unggul dalam memberikan pengalaman belanja paling memuaskan bagi konsumen.

Riset IPSOS di E-commerce

Photo :
  • Istimewa

Andi menegaskan bahwa dengan meningkatnya minat belanja online membuka peluang besar bagi platform e-commerce untuk terus berkembang dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Hal ini juga membuat persaingan di industri e-commerce menjadi semakin menarik untuk disimak.

”Beragamnya aspek yang diperhatikan konsumen saat mengukur tingkat kepuasan yang ditawarkan mencerminkan dinamika dalam industri e-commerce saat ini. Para pemain e-commerce perlu untuk senantiasa berinovasi guna memenuhi ekspektasi yang semakin tinggi dari masyarakat," kata Andi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya