Telkomsel Ingin Menerapkan 'Palm Scanner', Apa Itu

Kerja sama Telkomsel, Tencent Cloud dan MCASH di Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – Telkomsel bersama Tencent Cloud dan MCASH (PT M Cash Integrasi Tbk) mengumumkan kerja sama dalam mengeksplorasi teknologi pemindaian dan verifikasi telapak tangan (palm scanner) sebagai solusi baru untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Trafik Data Selama PON XXI Aceh-Sumut Melonjak Drastis, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Teknologi ini dirancang untuk mengidentifikasi individu pelanggan berdasarkan pola unik pada telapak tangan.

Palm scanner bekerja dengan membaca dan memetakan vena, sidik jari, atau pola kulit di telapak tangan, yang kemudian digunakan untuk verifikasi pelanggan.

Telkomsel Andalkan Ini untuk Tingkatkan Kualitas Jaringan, Hasilnya Mengejutkan

Dengan teknologi ini, proses verifikasi pelanggan atau yang biasa disebut know your customer (KYC) akan menjadi lebih cepat, efisien, aman, dan nyaman.

Solusi teknologi palm scanner menawarkan sejumlah keunggulan, seperti proses pemindaian telapak tangan tidak terpengaruh oleh faktor-faktor seperti tinggi badan, kemiripan wajah pada kembar, dan suasana ramai.

221 BTS 4G LTE dan 3 BTS Hyper 5G 'Jagain' MotoGP Mandalika

Kemudian, proses pemindaian yang dilakukan di area tangan juga mengurangi risiko kesalahan karena meminimalkan kemungkinan salah respons akibat tertangkap kamera.

Selain itu, teknologi ini bersifat agnostik, yang berarti dapat digunakan di berbagai jenis perangkat keras dan lunak, serta platform sehingga memudahkan penerapannya.

"Kami akan mengimplementasikan palm scanner di lingkungan kerja, layanan pelanggan dan B2B guna meningkatkan kemudahan dan memberikan solusi inovatif dalam transaksi produk dan layanan," kata Direktur Penjualan Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit di Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024.

Sementara itu, Vice President Tencent Cloud International and Business Director Tencent Cloud Asia Pacific Jimmy Chen mengaku teknologi ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna, tetapi juga akan mendorong inovasi dan transformasi digital di Indonesia.

"Kami berharap dapat mempercepat adopsi solusi digital yang lebih efisien dan aman serta mendukung upaya Indonesia untuk membangun ekosistem digital yang kuat dan berkelanjutan," jelas dia.

Direktur Utama MCASH Martin Suharlie memiliki ekosistem yang kuat dan memainkan peran penting sebagai tech enabler dalam mengintegrasikan berbagai teknologi terdepan untuk menghadirkan solusi digital.

"Ketika keahlian kami digabung sama Telkomsel dan Tencent Cloud, maka kami yakin dapat menghadirkan teknologi verifikasi identitas yang efisien, aman, serta meningkatkan pelayanan pelanggan menjadi lebih baik," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya