Menemukan Cara Baru untuk Bergerak

Ilustrasi keluar dari zona nyaman.
Sumber :
  • Inc. Magazine

VIVA Tekno – Survei Nielsen berjudul 'Navigating the shifts in consumer behavior in Indonesia', mencatat kesehatan fisik dan mental termasuk dalam tiga pengeluaran terbesar masyarakat Indonesia pada 2023.

5 Jenis Liburan yang Wajib Dicoba untuk Mengatasi Stres

Sebanyak 70 persen responden mendahulukan kesehatan fisik, diikuti dengan perencanaan masa depan (64 persen) dan kesehatan mental (60 persen). Survei tersebut menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya hidup sehat.

Untuk menjalani hidup yang lebih baik, kuncinya kembali kepada konsistensi. Sebab, banyak orang ingin menjalani pola hidup sehat secara berkelanjutan tapi tidak tahu bagaimana cara memulai.

Megawati Ingin PDIP Tak Berada di Zona Nyaman, Sinyal Oposisi?

Padahal, kebiasaan yang baik bisa dimulai dari hal-hal kecil. Setiap langkah yang diambil, seperti berjalan kaki atau mencoba olahraga, adalah awal dari perubahan besar dalam hidup.

Perubahan positif juga bisa dimulai dari sebuah gerakan kecil, seperti sekadar memutar pergelangan tangan bisa menjadi awal untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat dan aktif.

Huawei Watch Fit 3 Resmi Tampil di Indonesia, Bodi Kotak dan Ramping

Meski begitu, terkadang tekad saja tidak cukup. Untuk mencapai target yang diinginkan perlu bantuan alat yang berperan sebagai 'asisten pribadi'.

Garmin Forerunner 265 dan 965.

Photo :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

Garmin Forerunner 265 dan 965.

Photo :
Jam tangan pintar atau
menyediakan fitur pelacakan berbagai metrik penting mulai dari stres, jumlah kalori terbakar, jarak tempuh, hingga kualitas tidur.

 

Bagi penyuka lari, ada seri Garmin Forerunner 965 yang punya fitur untuk mengukur metrik penting seperti seberapa cepat langkah kaki atau cadence dan waktu kontak dengan tanah.

Sementara bagi yang gemar menyelam terdapat seri Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition. Materialnya menggunakan bahan daur ulang jaring ikan, memiliki standar militer MIL-STD 810 untuk ketahanan termal dan guncangan, serta rating 10ATM yang membuatnya aman diajak menyelam hingga kedalaman 100 meter.

Ada kalanya membutuhkan smartwatch yang lebih general dan cocok digunakan sehari-hari. Seri Garmin Venu 3 dibekali fitur untuk memantau kualitas tidur, dengan memberikan metrik penting seperti Pulse Ox dan status variabilitas detak jantung (HRV).

Pada pagi hari, smartwatch ini akan menampilkan laporan berisi pantauan tidur, status HRV, dan yang lainnya. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk tidak menjelajahi jalur lain seperti berlari, mendaki gunung, atau sekadar berjalan kaki.

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition.

Photo :
  • Dok. Garmin

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition.

Photo :
"Jangan terjebak dalam
yang membosankan. Kita harus keluar dari
dan menemukan cara baru untuk
," kata Yunita Siregar. Ia menyarankan agar membuat rencana latihan terlebih dahulu yang sejalan dengan tujuan.

 

Perempuan yang didapuk sebagai brand ambassador Garmin Indonesia ini juga mengingatkan bahwa durasi istirahat merupakan hal yang krusial.

Manfaatkan metrik istirahat dan pemulihan pada smartwatch Garmin untuk membantu tubuh kembali bugar setelah berolahraga, dan menjadwalkan waktu yang tepat untuk kembali beraktivitas.

"Menurut saya kuncinya terletak pada mengambil langkah pertama dan secara bertahap membangun gaya hidup yang lebih sehat secara konsisten, terukur dan tidak melebihi batas kemampuan diri," tegas Yunita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya