Medsos Elaelo Ternyata Berbahaya, Ini Daftarnya

Platform Elaelo.
Sumber :
  • elaelo.id

VIVA Tekno – Elaelo, platform media sosial baru yang diklaim sebagai pengganti X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter), tiba-tiba menjadi viral dan menimbulkan berbagai kontroversi dan dianggap berbahaya terkait dengan keamanan data pribadi.

Server Pusat Data Nasional Alami Gangguan, Polri Usut Dugaan Pidana Peretasan

Platform Elaelo muncul di tengah rencana pemblokiran X di Indonesia karena platform tersebut memperbolehkan adanya konten pornografi. Elaelo menarik perhatian banyak pengguna internet karena kemiripannya dengan X dan klaimnya sebagai buatan Kominfo yang bisa menggantikan platform media sosial milik Elon Musk tersebut. 

Sempat Kena Suspend

5 Fakta Pusat Data Nasional yang Diserang Hacker

Medsos Elaelo yang digadang-gadang jadi pengganti X.

Photo :
  • Elaelo
Tak Bisa Tunggu PDN Pulih, Imigrasi Pindahkan Data Center Agar Layanan Publik Normal

Umur Elaelo ternyata sangat singkat. Pada Senin, 17 Juni, Elaelo kena suspend hingga  tidak bisa diakses lagi. Platform ini kemudian langsung disuspend karena asal-usulnya yang tidak jelas dan potensi ancaman terhadap keamanan data pribadi pengguna.

Klaim Buatan Kominfo yang Diragukan

Platform Elaelo

Photo :
  • elaelo.id

Klaim bahwa Elaelo adalah buatan Kominfo masih banyak diragukan. Kominfo sendiri pada baru-baru ini menyatakan bahwa mereka belum menyiapkan media sosial pengganti X. Sehingga asal-usul dan tujuan sebenarnya dari platform ini semakin diragukan pengguna. 

Seorang pengguna X, dengan akun @HabisNontonFilm, mengingatkan pengguna untuk berhati-hati dan tidak menggunakan Elaelo karena berpotensi bahaya dalam pencurian data pribadi. 

“Lagi rame soal elaelo. Disebut2 jadi medsos pengganti, karena X (Twitter)  mau diblokir Kominfo. Hati2, baiknya jgn pakai dulu ya. Karena elaelo(dot)id ini gak jelas buatan siapa. Takutnya jadi pencurian data,” kata salah seorang pengguna akun X @@HabisNontonFilm yang dikutip pada Selasa, 18 Juni 2024. 

Tidak Dapat Diakses

Situs Elaelo.id

Photo :
  • Tangkapan Layar elaelo.id

Ketika masih bisa diakses, Elaelo menyambut pengguna dengan pesan "Welcome to elaelo – Medsos Lokal Pengganti X/Twitter." Namun, saat ini situs tersebut hanya menampilkan layar hitam dengan logo Garuda Pancasila dan pesan "Elaelo Is Coming, Big Features Will Be Ready," serta "Under Construction by Kominfo." Selain itu, tertera juga timer countdown yang menunjukkan bahwa platform ini sedang dalam tahap pengembangan dan akan segera diluncurkan kembali.

Ancaman Keamanan Data Pribadi

Ilustrasi data dan riset.

Photo :
  • Freepik

Hingga saat ini pengembang Elaelo belum diketahui secara pasti, dan fungsinya juga belum jelas, sehingga berpotensi sangat berbahaya jika pengguna asal memasukkan data pribadi ke dalam platform yang belum jelas asal-usulnya tersebut.

Beberapa pengguna juga melaporkan kesulitan saat mencoba mendaftar di Elaelo. Meskipun sudah mengisi data diri lengkap, banyak yang tidak bisa menyelesaikan proses pendaftaran.

“Elaelo Masuk g jls,mana cookies gak ada opsi, jadi yg login kudu accept all. Disitusnya ada logo garuda, pas dicek di http://who.is  registrar-nya diprivat, IG-nya diprivat,developer  pun gak jelas.awas aja kalo ini afiliasinya Mau Pising rakyat Kominfo?” tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya