Pelaku Bisnis Bergantung sama Dunia Maya
- Operation Eagle
VIVA Tekno – Raksasa teknologi Meta menilai kanal yang lebih privat untuk berkomunikasi dengan konsumen membantu bisnis dalam menjangkau pelanggan mereka secara efektif.
"Jika dilihat dari perspektif bisnis, mereka ingin menemui pelanggannya di mana pun berada," kata Wakil Direktur Perpesanan Bisnis Meta Nikila Srinivasan, Jumat, 7 Juni 2024.
Keberadaan di dunia maya saat ini menjadi penting bagi pelaku bisnis, termasuk usaha kecil dan menengah (UKM), untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen.
Dari berbagai cara yang saat ini tersedia untuk berhubungan dengan bisnis, aplikasi pesan instan, misalnya WhatsApp Business, adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan terutama di negara-negara yang menggunakan aplikasi pesan instan untuk komunikasi sehari-hari.
"Rasanya lebih intuitif menggunakan aplikasi, platform, yang kita gunakan sehari-hari, khususnya untuk UKM. Ini adalah cara yang efektif karena konsumen yang ingin dihubungi aktif di WhatsApp setiap hari," ungkapnya.
Memiliki percakapan secara perorangan, lanjut Nikila, adalah cara yang baik bagi bisnis untuk mengenali dan membangun hubungan dengan pelanggan mereka.
Data Meta untuk Indonesia menunjukkan tujuh dari 10 orang lebih menyukai mengirim pesan kepada bisnis dibandingkan mengontak melalui email.
Hampir 9 dari 10 orang Indonesia mengirim pesan kepada sebuah bisnis setidaknya seminggu sekali. Secara global, aplikasi WhatsApp Business digunakan lebih dari 200 juta pengguna.