Kode QR dan Biometrik akan Jadi Cara Baru untuk Bayar Tiket

Direktur Utama NEC Indonesia, Joji Yamamoto.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – Perusahaan teknologi asal Jepang, NEC, telah berkomitmen mendukung banyak kota di dunia untuk mengatasi tantangan dalam mengelola sistem transportasi umum dan angkutan massal guna mengurangi kemacetan lalu lintas.

Hadiri WCO Council Session, Ini Dukungan Bea Cukai untuk 3 Focus Area WCO Strategic Plan 2024-2025

Seperti diketahui, transportasi umum tengah mengalami perubahan. Dibebani dengan pertimbangan anggaran yang kian terbatas, pengelola transportasi umum harus meningkatkan efisiensi melalui penggunaan data dan integrasi sistem yang lebih baik untuk menjadi lebih fleksibel dan responsif terhadap perubahan.

Menyadari kebutuhan akan sistem transportasi pintar yang aman dan lancar, NEC telah mengembangkan portofolio solusi yang dapat membantu mengatasi perubahan dan tantangan yang dihadapi oleh operator angkutan umum dan membuat angkutan umum lebih mudah diakses, hemat biaya, dan efisien.

Solusi Keamanan Cloud Terlengkap Diluncurkan

Solusi dan inovasi tersebut antara lain Transit Management System (TMS), Facial Gate System (FGS), Account-Based Ticketing (ABT), dan Crowd Detection System (CDS).

"Kami berupaya memberikan solusi yang berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat dekarbonisasi melalui solusi TIK (teknologi, informasi, dan komunikasi)," kata Direktur Utama NEC Indonesia Joji Yamamoto di Jakarta, Rabu, 29 Mei 2024.

Hasil Inovasi Politeknik se-Indonesia Dipamerkan di Ajang KMIPN

Transit Management System (TMS) menyediakan pemantauan real-time pada pengoperasian bus yang meningkatkan efisiensi dalam perencanaan armada untuk mengurangi konsumsi bensin berlebih.

Tiket Berbasis Akun/ Account-Based Ticketing (ABT) menawarkan berbagai sistem autentikasi yang lebih sesuai dengan skenario penggunaan dan lingkungan operator seperti kode QR atau pembayaran biometrik yang akan menjadi cara baru dalam sistem tiket tanpa kertas dan tanpa kontak.

Sedangkan, solusi transportasi NEC telah diterapkan oleh otoritas lokal di seluruh dunia untuk mendukung kehidupan yang lebih berkelanjutan bagi masyarakat dengan peningkatan infrastruktur yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman transportasi umum secara menyeluruh.

Solusi dan inovasi yang dipamerkan NEC tersebut merupakan bagian dari keikutsertaannya dalam ITS APAC Forum 2024 yang digelar pada 28 hingga 30 Mei 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC). ITS APAC Forum 2024 diharapkan dapat menjadi platform signifikan bagi pengembang mobilitas pintar serta pengembangan ekosistem transportasi digital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya