Anak Usaha Telkomsel Sukses Cuan Puluhan Miliaran Rupiah
- VIVA/Lazuardhi Utama
VIVA Tekno – Industri digital dihadapkan pada tantangan yang kompleks, termasuk bagi sektor teknologi kesehatan atau healthtech di sepanjang 2023.
Namun demikian, Fita, aplikasi healthtech milik Telkomsel, berhasil mencatatkan kinerja positif tahun lalu dengan pertumbuhan pendapatan mencapai puluhan miliar Rupiah atau tumbuh 7 kali lipat dibandingkan 2022.
Kinerja positif Fita sepanjang 2023 didorong dari berbagai produk unggulan, termasuk program offline seperti keanggotaan gym dan kelas olahraga, fitur digital Exercise Plan dan Meal Plan, serta program-program kesehatan untuk penurunan berat badan, peningkatan imunitas, serta kesehatan wanita.
Selain itu, kinerja positif juga disumbang dari hasil integrasi aset komersial Telkomsel dengan produk Fita, yaitu melalui program bundling dengan Halo+ dan ComboFit.
Program ini memberikan nilai tambah signifikan dengan memungkinkan pelanggan membeli paket internet sambil menikmati fitur-fitur Premium Aplikasi Fita.
Sementara integrasi dengan rekomendasi paket asuransi mencerminkan upaya Fita dalam menyediakan solusi kesehatan holistik yang mencakup kebugaran fisik, kesehatan mental, dan perlindungan finansial.
Berkaca dari kinerja signifikan pada 2023, Kepala Eksekutif Fita Reynazran Royono optimistis mampu membukukan pertumbuhan positif.Keyakinan tersebut fokus pada perluasan layanan gaya hidup sehat secara multichannel, tidak hanya melalui kanal digital namun juga offline.
"Strategi kami di tahun lalu adalah menjalankan fundamental bisnis yang fokus pada path to profitability. Meskipun dihadapkan pada tantangan kondisi makroekonomi, namun berjalan sesuai rencana dan menghasilkan pertumbuhan yang signifikan," kata dia.
Pencapaian ini, lanjut Reynazran, menunjukkan bahwa Fita terbukti bisa menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar di tengah kondisi industri healthtech yang berkembang sangat dinamis.
Di samping itu, ia juga melihat permintaan masyarakat akan layanan dan produk pendukung gaya hidup sehat terus berkembang konsisten pascapandemi Covid-19, di mana layanan yang diberikan juga harus lebih multichannel.
"Ke depan, kami percaya bahwa kolaborasi antara pangsa pasar yang besar dengan strategi bisnis dan produk inovatif akan mendorong perusahaan untuk mencetak kinerja positif," jelasnya.
Tahun ini, Fita fokus mengoptimalkan aset dan kapabilitas Telkomsel sebagai langkah strategis, mempermudah pelanggan, dan merilis lebih banyak produk kesehatan yang dapat dipersonalisasi.
"Kolaborasi aktif dengan berbagai mitra juga diharapkan akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan produk dan layanan pendukung gaya hidup sehat yang berkualitas dan terstandardisasi," papar Reynazran.