Ini Penyumbang Trafik Data Indosat pada Malam Natal dan Tahun Baru
- Dok. Indosat Ooredoo
VIVA Tekno – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat kenaikan trafik data harian tertinggi pada malam Natal 2023 dan malam Tahun Baru 2024, yakni masing-masing sebesar 8,4 persen dan 8,9 persen, jika dibandingkan rata-rata periode hari normal.
Peningkatan trafik data yang signifikan ini terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa seperti Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal.
Sementara luar Pulau Jawa meliputi Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Pare-Pare, Pontianak, dan Samarinda.
Pada malam pergantian tahun, platform digital seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok berkontribusi besar dalam melonjaknya trafik data pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison.
Sedangkan dari game online di antaranya Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG Mobile. Hal serupa juga ditemui pada platform digital milik IOH, myIM3 dan bima+, di mana terjadi peningkatan aktivitas pengguna hampir 1 juta pelanggan dibandingkan rata-rata periode hari normal.
"Hal ini tentu dipicu oleh pembelian paket layanan dan juga akses ke layanan on-demand," kata Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, di Jakarta, Rabu, 3 Januari 2024.
Menurutnya, kepercayaan 100 juta pelanggan yang didukung oleh 172 ribu BTS 4G yang tersebar di Tanah Air, memiliki andil besar dalam menjaga performa jaringan pada malam Natal dan malam tahun baru.
"Kami terus berkomitmen menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia," tutur Desmond. Dalam memenuhi lonjakan trafik data, IOH telah meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik.
Indosat Ooredoo Hutchison juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.
Hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan ini secara terus menerus dimonitor oleh Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC).
Command Center fisik terpusat ini didukung oleh teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan, termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan IOH.