YouTube Ajak Perang Pemblokir Iklan

Ilustrasi platform YouTube.
Sumber :
  • Business Insider

VIVA Tekno – YouTube memperluas upayanya untuk mengatasi pengguna yang menggunakan pemblokir iklan. Platform ini telah meluncurkan upaya global untuk mendorong pengguna untuk mengizinkan iklan atau mencoba layanan YouTube Premium

Disaksikan OJK, Privy Bersama AFTECH dan AFPI Sepakat Tingkatkan Keamanan Fintech Nasional

Dikutip dari The Verge, menurut Christopher Lawton, manajer komunikasi YouTube, pengguna yang mengalami pemblokiran iklan akan melihat pemberitahuan yang menyatakan bahwa pemutaran video akan diblokir kecuali mereka mengizinkan iklan atau menonaktifkan pemblokir iklan.

Ilustrasi punya penghasilan dari YouTuber.

Photo :
  • Search Engine Journal
Privy Jalin Kerja Sama Penyediaan Tanda Tangan Elektronik pada Platform Kredit Online

Upaya ini juga mencakup permintaan kepada pengguna untuk mengizinkan iklan atau mencoba YouTube Premium. Beberapa pengguna mungkin telah mendapatkan informasi tentang kebijakan YouTube terhadap pemblokir iklan, dan meskipun masih dapat menonton video, beberapa dari mereka telah melaporkan bahwa YouTube sekarang memblokir video secara penuh hampir setiap saat.

YouTube telah mengonfirmasi bahwa mereka menonaktifkan video untuk pengguna dengan pemblokir iklan pada bulan Juni, meskipun pada saat itu, Lawton menggambarkannya sebagai "eksperimen kecil secara global." 

Iklan Judi Online Mejeng saat Streaming Debat Pigu Jabar, KPU Kasih Penjelasan

Kini, YouTube telah memperluas langkah-langkah ini. Beberapa minggu terakhir, semakin banyak pengguna yang menggunakan pemblokir iklan melaporkan bahwa mereka tidak dapat menonton video di YouTube.

Lawton mengatakan bahwa penggunaan pemblokir iklan melanggar persyaratan layanan platform, dan dia menekankan pentingnya iklan dalam mendukung ekosistem pembuat konten di seluruh dunia serta memberikan akses konten kepada miliaran orang di YouTube.

Ilustrasi YouTube.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

YouTube telah melakukan beberapa perubahan pada cara iklan beroperasi di platform mereka tahun ini. Mereka memperkenalkan iklan berdurasi 30 detik yang tidak dapat dilewati di aplikasi TV pada bulan Mei dan mulai bereksperimen dengan jeda iklan yang lebih panjang namun lebih jarang di TV. 

Langkah ini mungkin merupakan upaya untuk mendorong lebih banyak pengguna untuk berlangganan YouTube Premium yang bebas iklan, meskipun kenaikan harga dan penghentian paket Premium Lite yang lebih murah mungkin membuat opsi ini menjadi kurang menarik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya