Kehidupan di Luar Bumi Mungkin Berbeda

UFO dan alien.
Sumber :
  • Amazon.com

VIVA Tekno – Sebuah studi baru menemukan bahwa reaksi kimia yang dapat mendukung biologi berbeda dari kehidupan seperti yang kita ketahui saat ini yang mungkin terjadi di banyak planet berbeda dengan menggunakan berbagai elemen di luar karbon yang menjadi dasar kehidupan di Bumi.

Blak-blakan, Thariq Halilintar Ungkap Isi Hati Usai Menikah dengan Aaliyah Massaid

Di Bumi, kehidupan didasarkan pada senyawa organik. Molekul-molekul ini terdiri dari karbon dan sering kali mengandung unsur-unsur lain seperti hidrogen, oksigen, nitrogen, fosfor, dan belerang.

Namun, para ilmuwan telah lama bertanya-tanya apakah kehidupan di luar Bumi mungkin berevolusi berdasarkan kimia yang berbeda secara signifikan. Misalnya, para peneliti telah lama berspekulasi bahwa silikon mungkin juga berfungsi sebagai tulang punggung biologi.

Dampak Bulan Menjauh dari Bumi

“Penting untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan ini sehingga kita memiliki gagasan tentang seperti apa semua bentuk kehidupan, bukan hanya kehidupan di Bumi,” kata penulis studi senior, Betul Kacar, ahli astrobiologi, bakteriologi, dan biologi evolusi di Universitas Wisconsin-Madison.

Interaksi kimia yang merupakan kunci kehidupan di Bumi dikenal sebagai autokatalisis. Reaksi autokatalitik bersifat mandiri — reaksi ini dapat menghasilkan molekul yang mendorong terjadinya reaksi yang sama.

Bumi Akan Alami 25 Jam Sehari, Catat Waktunya

UFO dan alien.

Photo :
  • NBC News

Bayangkan jika populasi kelinci semakin meningkat. Sepasang kelinci berkumpul, menghasilkan anak-anak kelinci baru, dan kemudian kelinci-kelinci baru itu tumbuh berpasangan dan menghasilkan lebih banyak kelinci.

Tidak perlu banyak kelinci untuk mempunyai lebih banyak kelinci. “Salah satu alasan utama para peneliti mencari asal usul kehidupan adalah karena reproduksi – ciri utama kehidupan – contoh autokatalisis,” kata Kacar.

Menurutnya kehidupan mengkatalisis lebih banyak kehidupan. Satu sel menghasilkan dua sel, yang bisa menjadi empat dan seterusnya. Ketika jumlah sel bertambah banyak, jumlah dan keragaman interaksi yang mungkin terjadi pun berlipat ganda.

Dalam studi baru, para peneliti mencari autokatalisis di luar senyawa organik. Mereka beralasan bahwa autokatalisis dapat membantu mendorong abiogenesis – asal mula kehidupan dari benda mati, melansir dari situs Space, Senin, 25 September 2023.

Para ilmuwan fokus pada apa yang disebut siklus perbandingan, yang dapat menghasilkan banyak salinan suatu molekul. Produk-produk ini dapat digunakan sebagai bahan awal untuk membantu siklus terulang kembali sehingga menghasilkan autokatalisis.

“Perbandingan bisa dibilang unik karena merupakan reaksi tunggal yang menghasilkan keluaran berlipat ganda – sangat mirip dengan reproduksi,” kata penulis utama studi, Zhen Peng, ahli biologi evolusi di Universitas Wisconsin-Madison.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya