Kulkas Usia Ribuan Tahun Ditemukan

Lemari es / kulkas kuno.
Sumber :
  • Piotr Dyczek

VIVA Tekno – Arkeolog Piotr Dyczek, seorang profesor di Pusat Penelitian Purbakala Eropa Tenggara di Universitas Warsawa, mengumumkan bahwa mereka menemukan lemari es kuno dengan pendingin tambahan di lokasi penggalian dekat kota Svishtov (di sungai Donau).

Panik Rusia Gempur Ukraina Barat, Jet Tempur Siluman Polandia Keluar Sarang

Kamp Novae terletak di utara Bulgaria, di Danube, dekat kota Svishtov. Kemungkinan didirikan sekitar pertengahan abad ke-1 Masehi. Legiun Italia ke-1 dikaitkan dengan tempat ini, kehadirannya dibuktikan pada tahun 30-an abad ke-5 Masehi. 

Di dalam kamp yang luasnya 17,99 hektar ini, ditemukan bangunan-bangunan monumental, seperti markas kamp (principia), rumah sakit legiun (valetudinarium) dan pemandian (thermae legionis) yang sama-sama mengesankan.

Viral, Komentator Olimpiade 2024 Sebut Joe Aditya Berasal dari Polandia

Ada pemukiman (canabae) di sisi barat kamp dan pekuburan di sisi selatan dan timur. Pada periode antik akhir, benteng Novae diperkuat, dan area tambahan ditambahkan ke kamp di sisi timur, seluas kurang lebih 8 hektar.

Pada saat itu, baik tentara maupun warga sipil tinggal di dalam tembok. Jejak aktivitas Romawi terkini berasal dari akhir abad ke-6.

Teknologi Baru Ini Bisa Menghambat Bakteri di Lemari Pendingin

Sebuah wadah penyimpanan makanan buatan Romawi yang berfungsi sebagai kulkas primitif untuk tentara yang bepergian baru-baru ini ditemukan di Bulgaria.

Dalam kampanye penggalian tahun ini, para peneliti menemukan kompleks barak militer dari kayu dan tanah yang terkait dengan Legiun Augustus VIII, merupakan barak pertama yang ditempatkan secara permanen di perbatasan Danube di Kekaisaran Romawi.

Penggalian dekat kota Svishtov, Polandia.

Photo :
  • Piotr Dyczek

Para ilmuwan melakukan pengukuran dan menentukan bahwa struktur tersebut memiliki lebar 38 meter dan panjang 60 meter, mengutip dari situs Arkeo News, Jumat, 22 September 2023.

Sumur paling awal yang diketahui di Novae, yang memasok air kepada para legiun, ditemukan di sini. Sistem saluran air yang terbuat dari keramik dan pipa timah juga ditemukan.

“Pada pipa air utama, sebuah wadah yang terbuat dari pelat keramik ditempatkan di dalam tanah – sehingga pipa tersebut memanjang pada sisi yang lebih panjang. Ini adalah lemari es antik. Satu lagi dengan pendingin tambahan," imbuhnya.

Di dalamnya terdapat pecahan bejana untuk minum arak, mangkok, dan tulang binatang. Eksplorasi tungku keramik pada abad ke-4 membawa penemuan lain berupa seperangkat bejana unik, termasuk satu set tempat minum anggur. 

Bejana langka dengan permukaan hitam dihiasi motif halus dan sisir. Dyczek menekankan bahwa kumpulan tersebut dapat diberi tanggal secara tepat, yang dimaksudkan untuk mengakhiri diskusi para ahli tentang kronologi dan asal muasal kapal langka di Danube.

Di antara artefak yang ditemukan juga terdapat liontin kecil dengan gambar tikus perak yang dibuat dengan cermat, disempurnakan hingga detail terkecil, dan lebih dari dua ratus suvenir lainnya dari masa lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya