7 Manfaat Minum Air Putih Usai Bangun Tidur, Bikin Kulit Sehat

Ilustrasi minum air/air putih.
Sumber :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

VIVA – Meminum air putih sesaat setelah bangun tidur merupakan kebiasaan yang banyak dianjurkan. Tidak hanya sekadar menghidrasi tubuh, kebiasaan ini juga memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Dikutip dari Siloam Hospitals, berikut beberapa manfaat minum air putih di pagi hari.

Kenapa Anak-anak Tidak Dianjurkan Minum Teh? Fakta yang Perlu Diketahui Orang Tua

1. Pengendalian Nafsu Makan

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Lisa Fotios
Kondisi Kesehatan Liam Payne Sebelum Meninggal, Sakit Ginjal dan Sering Dirawat di RS

Ketika kita terjaga, perut biasanya merasa kosong. Minum air putih bisa memberi rasa kenyang, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan saat sarapan.

2. Peningkatan Metabolisme

Peringatan Hari Lansia Internasional Dimeriahkan dengan Cek Kesehatan Gratis

Memulai hari dengan gelas air putih juga dapat mempercepat metabolisme dan pembakaran kalori, meningkatkan energi kita untuk beraktivitas sepanjang hari.

3. Pemeliharaan Kesehatan Kulit

Mengonsumsi air putih saat bangun tidur juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Pasalnya, 30% kulit tersusun atas air dan mengonsumsi air saat pagi hari diyakini dapat meminimalkan pertumbuhan jerawat serta melembapkan kulit. Dengan kelembapan yang terjaga, kerutan kulit akan berkurang dan kulit tampak segar dan cerah.

4. Detoksifikasi Tubuh

Minum air putih hangat.

Photo :
  • Pixabay/Pexels

Air putih membantu dalam mengeluarkan zat sisa atau racun yang terkumpul di tubuh kita selama tidur, yang kemudian akan dikeluarkan melalui urine. Sehingga, sangat dianjurkan untuk minum air putih setelah bangun tidur.

5. Meningkatkan Vitalitas

Manfaat lainnya yaitu meningkatkan vitalitas. Air putih di pagi hari dapat membangkitkan tubuh, mengusir rasa kantuk, dan mempersiapkan kita untuk menjalani hari yang produktif.

6. Peningkatan Mood

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cukupnya asupan air dapat berkontribusi pada perbaikan suasana hati. Sebaliknya, kurangnya konsumsi air bagi mereka yang biasa minum cukup air dapat menurunkan mood.

7. Optimalisasi Fungsi Organ

Memulai hari dengan konsumsi air yang cukup dapat mendukung kerja beberapa organ tubuh kita, seperti:
- Ginjal: Membantu dalam proses detoksifikasi.
- Saluran Kemih: Mengurangi risiko pembentukan batu.
- Sistem Kardiovaskular: Mencegah dehidrasi yang dapat mempengaruhi tekanan darah dan kinerja jantung.
- Sendi dan Tulang: Berfungsi sebagai pelumas, mengurangi risiko nyeri sendi.

Memasukkan kebiasaan minum air putih ke dalam rutinitas pagi dapat memberikan dorongan kesehatan yang berharga untuk memulai hari. Itulah sederet manfaat minum air putih setelah bangun tidur yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya