7 Fakta tentang Kucing Maine Coon, Ukuran Besar dan Memiliki Bulu Tebal Berlapis

Kucing Maine Coon
Sumber :
  • Pixabay/Kirgiz03

VIVA – Kucing Maine Coon adalah ras kucing yang menakjubkan dan eksotis serta menarik perhatian para pecinta hewan di seluruh dunia. Berukuran besar dengan ciri khas bulu tebal dan berlapis, serta telinga segitiga dan ekor panjang yang memikat, ras asli Amerika Serikat ini menyimpan beragam fakta menarik untuk diketahui. 

Menguak Mitos Seputar Pemberian Makanan Basah pada Kucing

Kelembutan dan sifat ramahnya telah menjadikan kucing Maine Coon sebagai pilihan favorit bagi banyak keluarga. Pada kali ini akan diulas mengenai apa saja fakta-fakta kucing Maine Coon yang memukau dengan pesona dan karakternya yang unik, dihimpun dari berbagai sumber, Senin, 31 Juli 2023.

 Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

AS Sita Pesawat Presiden Venezuela Nicolas Maduro, Diduga Hasil Kejahatan

1. Memiliki ukuran besar

Kucing maine coon

Photo :
  • suddenlycat.com
Pembantaian Gaza, Alasan Pemuda Turki Keroyok Tentara Amerika di Konak

Maine Coon merupakan salah satu ras kucing terbesar yang ada. Kucing jantan dewasa dapat mencapai berat sekitar 5,9 - 8,2 kilogram, sedangkan betina biasanya sedikit lebih kecil dengan berat sekitar 3,6 - 5,4 kilogram. Tubuh besar ini membuat mereka terlihat kokoh dan kuat.

2. Asal usul

kucing maine coon

Photo :
  • Nortlio/Wikimedia

Kucing Maine Coon adalah satu-satunya ras kucing asli dari Amerika Serikat. Namun, asal-usul mereka masih diperdebatkan. Beberapa teori mengklaim bahwa mereka berasal dari persilangan kucing lokal dengan kucing liar Eropa yang dibawa oleh para pelaut, sementara teori lain menyatakan mereka merupakan hasil dari persilangan antara kucing dan rakun (raccoon), namun teori ini tidak mungkin karena perbedaan spesies yang signifikan.

3. Memiliki bulu tebal dan berlapis

Kucing Maine Coon

Photo :
  • Pixabay/miezekieze

Fakta selanjutnya adalah bahwa Maine Coon memiliki bulu yang tebal dan berlapis sehingga membantu mereka bertahan dalam iklim yang keras. Bulu lapisan atas mereka tahan air, sehingga menghindari kebasahan yang berlebihan ketika salju atau hujan. Selain itu, mereka juga memiliki bulu ekor yang panjang dan lebat.

4. Ciri khas telinga dan ekor

Kucing Maine Coon

Photo :
  • Pixabay/VBlock

Salah satu ciri khas Maine Coon adalah telinga segitiga yang besar dan berbulu serta ekor yang panjang. Telinga mereka memiliki "lynx tips" (ujung berbulu seperti kucing lynx), yang menambah kesan wajah mereka yang imut.

5. Memiliki sifat yang ramah dan lembut

Kucing Maine Coon

Photo :
  • Pixabay/Kirgiz03

Jenis ras kucing yang satu ini dikenal sebagai kucing yang ramah dan bersahabat. Mereka sering disebut-sebut sebagai "kucing anjing" karena memiliki sifat yang mirip anjing, seperti kesetiaan dan keinginan untuk bermain dengan pemiliknya.

6. Kemampuan berburu yang baik

Ilustrasi tingkah laku lucu kucing

Photo :
  • petsnester.com

Meskipun mereka memiliki sifat yang ramah, namun kucing Maine Coon juga memiliki naluri berburu yang kuat. Ini adalah sifat alami dari banyak ras kucing, walaupun mereka umumnya tidak agresif terhadap manusia, tetapi masih akan berburu hewan kecil di sekitar mereka.

7. Rentan terhadap beberapa masalah kesehatan

Ilustrasi kucing

Photo :
  • Pixabay

Meskipun secara umum dikenal sebagai ras yang sehat, namun Maine Coon dapat rentan terhadap beberapa masalah kesehatan genetik, seperti displasia pinggul (masalah pada sendi panggul), kardiomiopati hipertrofik (penyakit jantung), dan ginjal polikistik (penyakit ginjal). Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin dan pemantauan terhadap kesehatan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya