Lepas IndiHome, Telkom Lahirkan Indibiz

Indibiz.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Setelah resmi melepas IndiHome, Telkom hanya akan fokus garap business-to-business (B2B). Salah satu yang telah mereka rilis adalah Indibiz, merupakan solusi digital dunia usaha Indonesia untuk membawa UKM (usaha kecil dan menengah) dan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) go global.

Deretan Titik Panggung Hiburan dan Bazar UMKM Sambut Tahun Baru 2025

"Di segmen UKM, kami meluncurkan Indibiz, merupakan solusi untuk UKM/UMKM dalam penggunaan tools digital. Pengembangannya melibatkan internal dan kerja sama pihak luar," ujar Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah di Jakarta, Sabtu, 8 Juli 2023.

Indibiz membawa sebanyak empat pilar yaitu solusi platform dan layanan digital, kolaborasi dengan startup dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan bisnis, kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan, serta kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas UKM maupun UMKM.

Pemerintah Pastikan Gelontorkan Paket Stimulus Rp 38,6 Triliun pada 2025

“Telkom berkomitmen untuk menyediakan ekosistem solusi digital bagi tumbuh berkembangnya bisnis di Indonesia. Melalui Indibiz, Telkom berupaya menciptakan banyak UKM go global," lanjutnya.

Menkomdigi Meutya Hafid Dorong Sinergi Nasional untuk Transformasi Digital

Ilustrasi pelaku UKM.

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Adapun layanan yang mereka berikan seperti Indibiz Pay, merupakan solusi digital untuk proses pembayaran, komunikasi omni channel yang terintegrasi melalui Omni Channel Assistant (OCA), solusi digital untuk ekosistem pendidikan bernama Pijar, solusi monitor jaringan yang komprehensif untuk semua pelaku usaha seperti produk Netmonk, Layanan Satu dan TEMS MDM.
 
Ada juga Logee, solusi digital untuk sektor logistik, Agree untuk platform digital bidang pertanian, Kuncie, platform digital untuk belajar bisnis dan ratusan produk digital lainnya yang didukung konektivitas dari Telkom.

"Ekosistem Indibiz mampu mempercepat proses digital bisnis, meningkatkan produktivitas kerja, memperluas akses pasar di tingkat global yang mempermudah pelaku usaha lebih inovatif membesarkan unit usaha yang ditekuni,” kata OSM Regional Business Marketing Telkom Indonesia, Afifudin.

Layanan pengobatan gratis dan pemeriksaan kesehatan untuk warga Rempang-Galang

Bakti Sosial Akhir Tahun, Warga Rempang Galang Terima Layanan Pengobatan Gratis dan Pemeriksaan Kesehatan

Selain layanan kesehatan, acara ini juga melibatkan pelaku UMKM setempat yang turut memeriahkan suasana dengan berbagai sajian kuliner.

img_title
VIVA.co.id
31 Desember 2024