Transfer Data di WhatsApp akan Lebih Gercep

WhatsApp.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Mentransfer data dari ponsel lama ke ponsel baru bisa menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan. Tetapi WhatsApp memperkenalkan fitur baru yang setidaknya bisa membuat sebagian dari proses itu sedikit lebih cepat dan mudah.

Heboh 6 Juta NPWP Termasuk Jokowi hingga Sri Mulyani Diduga Bocor, Ditjen Pajak Buka Suara

WhatsApp baru saja mengumumkan bahwa aplikasi tersebut mendapatkan fitur transfer obrolan baru. Alat tersebut akan memungkinkan pengguna untuk mentransfer pesan dan lampiran besar dari satu ponsel ke ponsel lainnya.

Metode transfer baru ini membuat transfer data menjadi lebih cepat dan mudah dengan hanya mengharuskan pengguna untuk memindai kode QR. Jadi user tidak perlu mencadangkan informasi mereka ke cloud, baru kemudian mengunduh data tersebut ke ponsel baru.

Bursa Asia Bervariasi usai China Rilis Data Ekonomi Tidak Sesuai Ekspektasi

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, kedua perangkat kabarnya harus berada di koneksi Wi-Fi yang sama. Pengguna kemudian perlu mengakses Pengaturan> Obrolan> Transfer obrolan di ponsel lama mereka. Kode QR akan muncul untuk dipindai oleh perangkat baru.

WhatsApp.

Photo :
  • Getty Images
Pemasaran Basis Data hingga AI Bisa Hanya Bisa Selamatkan Bisnis di Era Digital, Ini Penjelasannya

Jika pengguna mengkhawatirkan privasi, perusahaan mengatakan bahwa data hanya dibagikan antara kedua perangkat saat kode QR dipindai. Transfer obrolan juga dilaporkan sepenuhnya dienkripsi.

Sisi negatifnya, sepertinya fitur tersebut hanya akan berfungsi jika kedua perangkat berbagi sistem operasi yang sama, menurut situs Android Authority, Minggu 2 Juli 2023.

Jadi pengguna hanya dapat melakukan transfer obrolan dari Android ke Android atau iOS ke iOS. Jika berpindah dari iPhone ke Android atau Android ke iPhone, halaman bantuan WhatsApp memiliki petunjuk yang dapat diikuti. Petunjuknya akan berbeda, tergantung pada cara mentransfer. 

Saat ini, belum ada tanggal rilis untuk fitur tersebut. Tapi alat teranyar itu akan diluncurkan ke penguji beta untuk user dengan perangkat Android dan iOS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya