Alam Semesta Tidak Sunyi Seperti yang Disangka Selama Ini

Lubang hitam (black hole) di pusat Galaksi Bima Sakti.
Sumber :
  • Pixabay

Nashville – Beberapa tim di seluruh dunia telah secara independen menemukan sinyal pada waktu bintang berkedip, disebut pulsar yang menunjuk ke gelombang gravitasi raksasa dengan panjang gelombang yang bergulir melalui galaksi di alam semesta 

Perlombaan ke Luar Angkasa Memanas, Enggak Nyangka Rekor Baru Terpecahkan

Ini belum cukup mendeteksi gelombang gravitasi –tetapi ada lebih dari 99 persen kemungkinan bahwa apa yang kita lihat adalah sesuatu yang signifikan. Tim di Australia, AS, Eropa, China, dan India merilis hasil mereka secara bersamaan. 

"Kami telah menjalankan misi selama 15 tahun terakhir untuk menemukan dengungan gelombang gravitasi bernada rendah yang bergema di seluruh alam semesta dan menyapu galaksi kita untuk membelokkan ruang-waktu dengan cara yang terukur," kata astrofisikawan Stephen Taylor dari Vanderbilt University dan ketua NANOGrav. 

Pasukan Khusus Dikirim untuk Bawa Pulang 2 Astronot Hidup-hidup

Tim peneliti merasa senang mengumumkan bahwa kerja keras mereka telah membuahkan hasil. Ilmuwan juga memiliki bukti menarik tentang latar belakang gelombang gravitasi ini.

Menurut situs Science Alert, dikutip VIVA Tekno Sabtu, 1 Juli 2023, astronomi gelombang gravitasi adalah bidang yang relatif baru, menyusul pendeteksian riak ruang-waktu yang disebabkan oleh dua lubang hitam yang bertabrakan pada tahun 2015. 

Pengamat: Pilkada Jateng Sengit karena Bintang lawan Bintang, Harus Kirim Banyak Doa

Sejak saat itu, detektor gelombang gravitasi berbasis Bumi telah mendeteksi hampir 100 peristiwa gelombang gravitasi yang terkonfirmasi pada saat ini di mana semuanya diciptakan oleh penggabungan benda-benda bermassa bintang yang padat –lubang hitam dan bintang neutron.

Gelombang gravitasi disebabkan oleh peristiwa masif di alam semesta. Bisa dibayangkan tabrakan antara lubang hitam saat batu dilemparkan ke dalam kolam dan gelombang gravitasi saat riak dihasilkan.

Galaxy Bima Sakti

Photo :
  • http://www.gomuda.com/

Mediumnya adalah ruang-waktu itu sendiri, dan riak-riak bergerak dengan kecepatan cahaya, merambat ke segala arah, merentang dan menekan ruang-waktu dengan cara yang dapat kita deteksi.

Sekarang bayangkan berapa banyak lubang hitam yang bertabrakan di alam semesta. Dan berapa banyak peristiwa besar lainnya yang menghasilkan riak ini. Ruang-waktu seharusnya benar-benar berdengung dengan gelombang gravitasi. 

Masalahnya, Bumi terlalu kecil untuk mendeteksi pada panjang gelombang yang lebih panjang di skala nanohertz yang dapat diperpanjang selama beberapa tahun cahaya dari peristiwa yang lebih masif, seperti penggabungan lubang hitam supermasif di pusat galaksi.

Untungnya, kita hidup di galaksi yang jauh lebih besar dari Bumi. Dan ada sesuatu di galaksi kita yang memancarkan sinyal dengan waktu yang sangat tepat, yang dapat dipengaruhi oleh gelombang gravitasi nanohertz pulsar radio. 

Ini adalah bintang neutron yang berotasi sangat cepat, dengan semburan cahaya radio meletus dari kutub magnetnya. Saat berotasi, pancaran ini menyapu Bumi seperti mercusuar kosmik, dan karena waktunya sangat tepat, kita dapat menggunakannya untuk mendeteksi cara ruang angkasa meregang dan meremas saat gelombang gravitasi bergulir.

Satu kesalahan kecil dalam pengaturan waktu tidaklah cukup. Tetapi jika memiliki cukup banyak pulsar dengan gangguan terkait dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda dapat mengumpulkan bukti gelombang gravitasi yang besar. 

Inilah yang dilakukan oleh berbagai tim di seluruh dunia, mempelajari total 115 pulsar di antara mereka, hingga 18 tahun untuk Parkes Pulsar Timing Array di Australia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya