Customer Service AI Diklaim Bisa Tangani Percakapan Kompleks
- Misrohatun Hasanah
VIVA Tekno - Kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) memiliki potensi berkembang di Indonesia. Teknologi itu bahkan diterapkan di berbagai bidang, salah satunya merupakan bidang customer service atau pelayanan pelanggan.
Perusahaan perangkat lunak AI Rudder memanfaatkan kekuatan otomatisasi suara AI. Baru saja mereka meluncurkan inovasi kecerdasan suara ' VoiceGPT ' untuk memperkuat bidang pelayanan pelanggan dengan memberikan pengalaman berkomunikasi dengan bot layaknya dengan manusia.
"Meskipun chatbot atau voicebot dapat membantu dalam layanan pelanggan, respon yang diberikan cenderung tidak jauh berbeda dengan yang diberikan oleh bot pada umumnya," kata CEO and Founder AI Rudder, Teng Ren di Jakarta, Jumat, 9 Juni 2023.
VoiceGPT diklaim memiliki kemampuan pemrosesan bahasa alami yang kuat dan pelanggan dapat merasakan pengalaman baru di mana mereka merasakan respons seperti yang diberikan oleh manusia.
Solusi mereka didukung AI Rudder LLM (Large Language Modul) yang mampu menangani percakapan dupleks yang kompleks untuk membuat AI mengetahui kapan harus berhenti dan mendengarkan dalam percakapan dua arah dengan pelanggan.
Kemampuan memproses bahasa alami yang tajam memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan sistem melalui percakapan verbal menggunakan bahasa alami.
Hal ini akan memberikan kemudahan akses bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi dan melakukan transaksi. Dengan keaslian suara yang serupa dengan manusia, VoiceGPT menciptakan pengalaman yang lebih personal.
Keaslian suara manusia ini juga dapat meningkatkan kepercayaan dan ikatan antara pelanggan dan bisnis. Dengan kemampuan analisis data yang canggih, produk tersebut diklaim mampu melakukan data yang mendalam.
"VoiceGPT akan membut bisnis dapat mengumpulkan dan menganalisis wawasan berharga dari interaksi suara dengan pelanggan untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka," jelasnya.