Nasabah Dimanjakan Lewat Digitalisasi

Transformasi digital.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Percepatan transformasi teknologi menjadi era digitalisasi membuat hampir seluruh sektor jasa keuangan memperluas layanan berbasis financial technology (fintech).

EMEAP Soroti Dampak Digitalisasi dan Transisi Keuangan Hijau Pengaruhi Bisnis Sektor Keuangan

Seperti diketahui, asuransi sering kali dipandang sebagai kebutuhan terakhir bagi sebagian besar masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan produk asuransi sederhana, terjangkau, serta mudah diakses oleh masyarakat.

Inovasi tersebut turut mendorong pasar untuk tumbuh dan akan menarik konsumen muda atau milenial. Saat ini, bisnis asuransi ritel berbasis digital merupakan salah satu pasar yang mempunyai perkembangan cepat dan menjanjikan.

Anindya Bakrie Optimis Prospek Dunia Usaha Cerah di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Meski demikian, proses menuju bisnis digital tersebut membutuhkan persiapan matang. Sebab, model bisnis asuransi digital berbeda dengan model bisnis yang selama ini digunakan perusahaan.

Kemenkominfo Sebut Literasi Digital di Indonesia Masih Level Menengah

Generasi Z dan milenial.

Photo :
  • Inc. Magazine

Pada umumnya, bentuk produk asuransi yang bisa dipasarkan secara digital masih terbatas, seperti asuransi motor, properti, perjalanan, wisata, kecelakaan diri, serta pengiriman barang.

Dalam rangka menuju pasar digital tersebut, PT Jasaraharja Putera (JRP Insurance) berupaya untuk mempersiapkan talentanya agar perusahaan bisa masuk ke pasar ritel digital.

Hal ini dilakukan melalui beberapa penguatan kompetensi, seperti membangun mindset menuju bisnis ritel digital.

Proses bisnis asuransi berbasis ritel digital pun dilaksanakan dengan 3 cara, yakni sebagai agregator atau marketplace asuransi, kolaborasi dengan platform lain, serta mempunyai platform sendiri (full Stack).

Sejalan dengan kebutuhan tersebut, JRP Insurance telah menyediakan platform digital yang memiliki konsep one-stop insurance service, yaitu EZurance Smart Customer, yang sudah dapat diunduh melalui App Store dan Google Play.

"Kami berinovasi tanpa henti demi pendekatan konsumen secara digital dan senantiasa terus mengembangkan platform digital untuk mempermudah nasabah bertransaksi melalui platform EZurance Smart Customer," ungkap Direktur Pemasaran PT Jasaraharja Putera, Imam Hendrawan, Senin, 17 April 2023.

Upaya transformasi digital oleh JRP Insurance agar semakin dekat dengan nasabah serta memberikan layanan berbasis digital ritel mendapatkan apresiasi di 12th Infobank Digital Brand Award 2023. PT Jasaraharja Putera memperoleh penghargaan Kategori Perusahaan Asuransi Umum Konvensional premi bruto Rp500 miliar s.d < 1 triliun.

Penghargaan tersebut didasarkan pada perhitungan keyword digital branding perusahaan, dalam hal ini Infobank bekerja sama dengan Isentia – perusahaan riset mengenai digital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya