Jelang Idul Fitri, Indosat Rampungkan Integrasi Jaringan IM3 dan Tri

Indosat Ooredoo Hutchison telah merampungkan integrasi jaringan.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) umumkan bahwa mereka telah 100 persen merampungkan integrasi jaringannya, tepat satu tahun merger antara Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia, yakni pada Maret kemarin.

Menciptakan Jaringan Pintar yang Belajar Sendiri

"Ini sangat ambisius dan kami tahu bahwa ini tidak mudah. Ada begitu banyak hal untuk diintegrasikan. Kami ingin memberikan pengalaman kelas dunia kepada pelanggan," ujar Direktur Utama dan Kepala Eksekutif IOH Vikram Sinha di Jakarta, Rabu malam, 12 April 2023.

Integrasi jaringan ini mengandalkan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) yang dilakukan di lebih dari 46 ribu sites di seluruh Indonesia. Integrasi didukung Ericsson, Huawei, dan Nokia sebagai penyedia perangkat radio, serta mitra-mitra transmisi, infrastructure tower, fiber optik, dan lainnya.

Menerapkan Standard Baru Layanan Pascabayar di Indonesia

Kini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32 persen populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat.

Kecepatan unduh dan latensi dijanjikan akan lebih baik, meningkatkan sekitar 20 persen pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming.

Jelang Natal dan Tahun Baru 2025, Menteri Dody Bakal Fungsionalkan Ruas Tol Klaten-Prambanan

"Pengalaman pelanggan merupakan inti dari segala hal yang kami lakukan di Indosat. Seiring selesainya integrasi sites, kedua brand kini dapat memaksimalkan spektrum frekuensi yang ada untuk memberikan pengalaman yang mengesankan kepada seluruh pelanggan," tambahnya. 

Indosat Ooredoo Hutchison.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Rampungnya integrasi ini bertepatan dengan mendekatinya perayaan Idul Fitri. IOH memastikan bahwa mereka telah siap mendukung tingginya kebutuhan telekomunikasi digital dengan layanan yang maksimal.

Perusahaan memprediksi kenaikan trafik data tertinggi mencapai 20 persen dibandingkan hari biasa selama periode libur lebaran tahun ini karena meningkatnya penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Sejumlah antisipasi telah dilakukan, misalnya dengan menambahkan kapasitas data lebih dari 30 persen untuk lonjakan trafik data harian.

Hal ini merupakan bagian dari komitmen dan dukungan Indosat untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Indosat juga disebut melakukan optimalisasi jaringan pada hampir 400 titik pusat keramaian seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Konferensi pers Indosat Ooredoo Hutchison.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Untuk antisipasi kegiatan mudik, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 9 jalur kereta, 17 jalan tol termasuk tol Jakarta-Surabaya, dan 30 jalan non-tol seperti Padang-Bukit Tinggi dan Banjarmasin-Martapura.

Berdasarkan pengalaman di masa Ramadhan dan lebaran tahun sebelumnya, operator seluler ini mengantisipasi peningkatan lalu lintas data tertinggi di area Jawa Barat, Banten, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

IOH juga mengaktifkan command center fisik terpusat sejak H-3 lebaran. Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim Indosat Network Operation Center (INOC) pipa dan Indosat Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya