Fakta Menarik Lebaran 2023 yang Harus Kamu Tahu

Pemudik padati lingkar gentong Tasikmalaya, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA/Denden Ahdani

VIVA Tekno – Solusi tSurvey.id milik Telkomsel merilis hasil riset dan survei terbaru terkait 'Ramadan Consumer Behavior Insight 2023' yang melibatkan lebih dari 2.500 responden dari pelanggan yang tersebar di 27 provinsi Indonesia dengan berbagai latar belakang yang berbeda.

ASDP Diapresiasi Kemenhub Jadi Instansi yang Berperan Aktif Dalam Angkutan Mudik Lebaran 2024

Berdasarkan hasil survei tersebut, tSurvey.id menemukan beberapa valuable insights, utamanya terkait pola mudik Lebaran masyarakat.

Sebanyak 72 persen responden memilih mudik untuk libur Idul Fitri, di mana sebagian besar responden mulai membeli tiket transportasi umum atau menyiapkan anggaran untuk mudik memakai kendaraan pribadi.

Tajikistan Negara Mayoritas Muslim Larang Penggunaan Hijab, Melanggar Didenda Rp99 Juta

Hasil survei juga menunjukkan bahwa sebanyak 28 persen responden memilih untuk berlibur ke kota lain. Responden yang mudik menggunakan transportasi umum, sebanyak 81 persen di antaranya mulai membeli tiket sekitar satu minggu hingga satu bulan sebelum hari Lebaran.

Kemudian, reponden yang mudik menggunakan kendaraan pribadi sebagian besar menyiapkan anggaran untuk servis kendaraan, di mana sebanyak 64 persen responden menyiapkan anggaran servis kendaraan hingga Rp1 juta, serta 60 persen reponden lebih memilih bengkel resmi yang terpercaya untuk servis kendaraannya.

Rayakan Momen Berbagi di Idul Adha 1445 H, Bank Mandiri Salurkan Daging Kurban ke Masyarakat

Sejumlah mobil melintas di gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Senin siang, 9 Mei 2022, pada H+6 arus balik Lebaran 2022.

Photo :
  • ANTARA/I.C. Senjaya

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang menuturkan bahwa hasil riset dan survei tSurvey.id dapat menjadi panduan bagi para pelaku bisnis dalam menjangkau pasar yang lebih luas melalui program marketing Ramadhan, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Ia menyebut bersamaan dengan pemerintah yang sudah membuka kemudahan pembatasan aktivitas masyarakat pascapandemi COVID-19 yang semakin mereda, aktivitas dan mobilitas masyarakat di luar rumah mulai meningkat, seperti berbuka puasa bersama dengan teman dan kerabat hingga mudik Lebaran ke luar kota.

Berbuka puasa bersama di restoran menjadi preferensi favorit responden, diikuti dengan berbuka puasa bersama di rumah kerabat, di mana sebanyak 45 persen responden lebih memilih restoran dan kafe sebagai tempat berbuka puasa bersama, serta anggaran yang disiapkan berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.

Terkait pengeluaran selama Ramadhan, Alfian mengaku hampir 20 persen responden menyiapkan anggaran tambahan lebih dari Rp2,5 juta untuk berbelanja, di mana makanan dan minuman menjadi kategori produk dengan kenaikan anggaran tertinggi yang kemudian disusul untuk fesyen.

"Tiga kategori teratas yang dibeli responden secara impulsif dengan mencakup untuk fesyen (74 persen), makanan/minuman (48 persen), dan barang elektronik (24 persen)," kata Alfian, melalui konferensi pers virtual, Selasa, 4 April 2023.

Adapun, berbagi hampers (parsel atau bingkisan) kini juga semakin menjadi tren khususnya menjelang momen Idul Fitri, di mana sebanyak 52 persen responden telah menyiapkan anggaran khusus untuk hampers dengan rata-rata anggaran Rp50 ribu hingga Rp100 ribu per bungkus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya