Inovasi Lewat Botol Minum Mini

Ilustrasi botol minum kemasaran.
Sumber :
  • Pixabay/ Hans

VIVA Tekno – Pola konsumsi masyarakat telah mengalami perubahan, terutama sejak era pandemi Covid-19. Saat ini, konsumen cenderung mengikuti tren kesadaran konsumsi (conscious consumption) yang tidak hanya memperhatikan nilai ekonomis dan fungsi dari produk yang dikonsumsi saja, tapi juga dampak dari produk tersebut baik terhadap lingkungan, kesehatan, maupun sosial.

Jalin Gandeng EcoTouch Implementasikan Bisnis Berkelanjutan

Jika menilik survei Jajak Pendapat oleh Katadata pada 2022 pada kedua kelompok usia muda, terungkap bahwa 56,2 persen responden saat ini telah cenderung memilih produk ramah lingkungan, 42,1 persen responden tidak ragu membeli produk dalam kemasan guna ulang, serta 36,2 persen responden akan memilih produk komersial yang peduli terhadap isu lingkungan dan sosial.

Danone-Aqua berinovasi lewat botol air minum kemasan mini (cube) tanpa label, tanpa sedotan, dan 100 persen dapat didaur ulang dengan mudah. Inovasi tersebut dimulai sejak 2021 dan dipasarkan pada April 2022.

Hadirkan Inovasi Teknologi Terkini, Ratusan Perusahaan Hadir di Jade 2024

Kemasannya memang sangat tipis, namun tetap kuat dan aman, sehingga menjadi produk yang ramah lingkungan. "Aqua cube sangat mudah dibawa ke mana-mana dan dapat dikonsumsi sekali minum," kata Senior Packaging Development Manager Danone-Aqua, Steve Girindra Supangkat, dalam keterangan resminya, Senin, 27 Februari 2023.

Plastics & Rubber Indonesia 2024, Dorong Inovasi Daur Ulang dan Efisiensi Pengurangan Limbah

Sementara itu, Direktur Komunikasi Danone Indonesia, Arif Mujahidin, mengungkapkan inovasi Aqua cube merupakan salah satu bentuk komitmen untuk selalu menghadirkan produk yang ramah lingkungan dengan air berkualitas tinggi.

"Aqua berasal dari sumber mata air yang terpilih, melindungi ekosistem sumber air, menjaga kealamian mineral, serta diproses untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan konsumen," jelas Arif.

 

Kantor Unilever Indonesia

Genjot Inovasi Bagi Konsumen, Unilever Indonesia Fokus 3 Hal Ini

Unilever Indonesia menegaskan bahwa Inklusi, kesetaraan dan keragaman (Diversity, Equality & Inclusion- DEI) merupakan hal yang penting dalam sebuah organisasi.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2024