Bantu Warga Jelang ASO Jabodetabek, Kominfo Buka Posko hingga Layanan via WhatsApp

Geliat inovasi smart TV jelang Analog Switch Off (ASO) pada 2 November mendatang.
Sumber :
  • scbd

VIVA Tekno – Jelang pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) wilayah Jabodetabek, Pemerintah menyiapkan posko guna membantu masyarakat.

TV Digital akan Dilengkapi Fitur Peringatan Dini

Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo) menjelaskan pendirian posko tersebut ditujukan agar proses migrasi siaran televisi analog ke digital dapat berjalan mulus dan masyarakat miskin yang membutuhkan set top box (STB) mendapatkan pelayanan dari pemerintah.

Artinya, dengan melapor ke posko tersebut nantinya bagi masyarakat miskin yang masih belum memiliki STB, maka bisa mendapatkannya di sana.

Proses ASO di Indonesia Paling Cepat di Dunia

“Apabila nanti ternyata ada televisi masyarakat yang belum bisa menerima siaran digital oleh karena belum tersedia set top box bagi keluarga miskin, maka Kementerian Kominfo akan melayani sedapat mungkin,” jelas Menkominfo RI Johnny G. Plate, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 28 Oktober 2022.

Selain menyediakan posko, Kominfo juga turut menyediakan akses kontak layanan melalui nomor telepon 159 atau chatbot WhatsApp di nomor 08118202208.

STB Ini Sudah Didukung Android TV

Di sisi lain, pemerintah juga mengimbau bagi masyarakat menengah yang masih memakai televisi tabung untuk segera memasang STB-nya sehingga pada tanggal 2 November nanti sudah dapat menikmati siaran digital.

Sebelumnya, pemerintah telah memastikan pelaksanaan ASO di wilayah Jabodetabek akan tetap dilaksanakan pada tanggal 2 November 2022.

Adapun, terdapat sekitar 14 daerah administratif atau Kabupaten atau kota yang akan terdampak dari kebijakan tersebut meliputi Jakarta Pusat, Utara, Barat, Selatan, Timur, Kab. Kepulauan Seribu, Kab. Bekasi, Kab. Bogor, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kab. Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah menyampaikan telah dibagikan sebanyak 479 ribu perangkat Set Top Box (STB) bagi keluarga miskin yang dimana, pemerintah menyebutkan distribusi tersebut telah menyentuh angka 98,44 persen. 

“Untuk Jabodetabek yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 November dan disepakati dengan Kominfo dan ATVSI, dimana akan dilakukan secara masif sosialisasi dan dibagikan STB secara merata, hingga saat ini telah dibagikan kepada 479 ribu keluarga miskin, distribusi telah mencapai 98,44 persen” ujar Menkominfo Johnny G. Plate dalam konferensi persnya di Kantor Kemenko Polhukam, Senin, 24 Oktober 2022.

Lain halnya dengan pelaksanaan ASO di beberapa wilayah lainnya yang baru akan dimulai secara bertahap pada 2 November 2022 disesuaikan dengan kesiapan wilayah.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM, Mahfud MD menambahkan, bahwa peralihan dari siaran tv analog ke digital akan dilaksanakan pada 2 November 2022 yang dilaksanakan secara bertahap. Selain itu, ia juga menegaskan pelaksanaan daripada ASO ini akan tetap tunduk terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya