Malam Ini Misi Bulan NASA Meluncur, Cek Jadwalnya

Space Launch System (SLS) NASA.
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno Misi Bulan milik badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), Artemis 1 dengan mega roket Space Launch System (SLS) akan meluncur pada Senin hari ini, 29 Agustus 2022 pukul 08:33 EDT atau 19:33 WIB.

Baju Astronot ke Bulan Kece Abis

Memiliki daya dorong 8,8 juta pon, kendaraan itu dirancang untuk lebih kuat daripada Saturn V NASA. SLS akan ditemani kapsul luar angkasa buatan Orion yang besarnya melebihi sepertiga dari Apollo.

Misi ini akan menjadi garda terdepan dari program Artemis 1 untuk mengembalikan astronot ke Bulan pada tahun 2025. Peluncuran dilakukan dari Pad 39B di NASA Kennedy Space Center, Amerika Serikat (AS).

Barry dan Sunita Pulang Jelang Hari Valentine

"Kami menggunakan pendekatan zero hour untuk generasi Artemis. Kami memang memiliki rasa antisipasi yang tinggi," ujar Manajer Artemis 1 NASA Mike Sarafin, menurut situs Space, Senin, 29 Agustus 2022.

Diperkirakan akan ada 200.000 penonton membanjiri Space Coast Florida untuk melihat roket Bulan NASA yang terbang untuk pertama kalinya dalam lebih dari 50 tahun.

Mendeteksi Alien Lewat Tenaga Surya

Pengujian pendorong roket terkuat NASA, SLS di Utah, Amerika Serikat (AS).

Photo :
  • NASA

"Ini adalah misi yang sangat berisiko. Kami memiliki banyak hal yang bisa saja salah selama misi di mana kami mungkin pulang lebih awal atau kami mungkin harus membatalkan untuk peluncuran," kata Direktur Asosiasi NASA untuk Pengembangan Sistem Eksplorasi, Jim Free.

Kemungkinan juga misi tidak diluncurkan sama sekali jika mereka tidak bisa masuk jendela peluncuran karena sejumlah alasan.

NASA memiliki waktu dua jam untuk mencoba dan meluncurkan Artemis 1 pada hari Senin, yang ditutup pada 10:33 EDT atau 21:33 WIB. Ada kemungkinan 80 persen cuaca akan baik di awal jendela, meskipun itu turun menjadi 60 persen di kemudian hari karena kemungkinan hujan.

NASA memiliki hari peluncuran cadangan pada 2 September dan 5 September. Pada hari Sabtu kemarin, agensi mendeteksi lima sambaran petir di Pad 39B tetapi tidak ada sambaran yang mempengaruhi roket SLS itu sendiri.

Mereka semua mengenai sistem proteksi petir pad, jaringan menara dan kabel catenary. Peristiwa itu juga tidak cukup kuat untuk menimbulkan kekhawatiran terhadap peluncuran, menurut Direktur Uji Senior NASA Artemis 1 Jeff Spaulding.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya