Internet Kian Melekat di Masyarakat

Jaringan internet.
Sumber :
  • The Journal

VIVA – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melaporkan bahwa saat ini 77 persen penduduk Indonesia sudah menggunakan internet. Pertumbuhan ini sangat fantastis, karena sebelum pandemi COVID-19 angkanya hanya 175 juta jiwa.

Kaltim Raih 3 Penghargaan di Ajang APBD Award 2024, Ini Sebabnya

Sementara data terbaru APJII menyebutkan pengguna internet di Indonesia tahun ini mencapai sekitar 210 juta jiwa. Artinya, ada penambahan sekitar 35 juta pengguna internet di Tanah Air.

Selama dua tahun pandemi COVID-19, masyarakat banyak menggunakan video conference, e-learning, video streaming, hingga belanja online di e-commerce.

Ingin Sukses di Dunia Digital 2025? Ini 7 Tips Untuk Meraih Penghasilan Lebih Besar!

Masifnya penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari telah melahirkan kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, termasuk di dalammnya menemukan produk yang diinginkan sehingga masyarakat semakin mengandalkan internet dalam mencari sebuah produk.

Pesatnya perkembangan digitalisasi sekarang mengharuskan brand-brand untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan juga inovatif demi merebut hati masyarakat.

Perluas Ekosistem Pembayaran, Bank Mandiri Perkuat Kolaborasi dengan K3MART

"Saat ini masyarakat sudah akrab dengan digitalitasi dan internet. Kondisi tersebut menuntut brand untuk dapat menghadirkan 'branding strategy' yang tepat di ranah digital. Tentunya, brand dituntut untuk semakin kreatif dalam membangun image-nya," kata Kepala Eksekutif Tras N Co Indonesia, Tri Raharjo, kala berbincang dengan sejumlah media massa, pekan lalu.

Untuk mengukur brand-brand populer di ranah digital, Tras N Co Indonesia bekerja sama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, melakukan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang mengacu pada tiga kriteria penilaian, yakni Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.

Riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2022 ini merupakan fase ketiga yang dilakukan pada April-Juni 2022 terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand yang telah diriset.

Muncullah sejumlah kategori produk yang paling banyak dicari, seperti Internet Berlangganan sebanyak 604,6 ribu pencarian, TV Berlangganan 475,3 ribu pencarian, serta Aplikasi Konsultasi Dokter 213,9 ribu pencarian.

Sedangkan berdasarkan ulasan, beberapa kategori produk yang paling banyak diulas di internet di antaranya Air Conditioner dengan 14,1 juta ulasan, Kamera Digital 9,7 juta ulasan, Aplikasi Konsultasi Dokter 5,4 juta ulasan, dan Internet Berlangganan 4,9 juta ulasan.

Selanjutnya dari hasil tersebut, Tras N Co Indonesia bersama Infobrand menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award, sebuah penghargaan terhadap brand-brand yang unggul dan populer di kategori produknya di dunia digital.

Susilowati Ningsih, selaku Kepala Eksekutif Infobrand, mengaku jika penghargaan ini membuktikan brand-brand di Indonesia yang sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktivitas bisnisnya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibanding dengan brand lain.

"Penghargaan ini juga merupakan suara netizen dalam mencari, membicarakan simbol popularitas, dan kepercayaan dalam memilih merek atau produk di internet," jelasnya.

Adapun peraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2022 antara lain Tekiro (Hand Tools), Ryu (Power Tools), MyRepublic (Internet Berlangganan), Pacific Bike (Sepeda Dewasa dan Sepeda Lipat), Indah Logistik (Logistik), serta Philips (Lampu LED dan Lampu Hemat Energi).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya