Begini Cara Urus WhatsApp Business untuk UMKM
- India Today
VIVA – WhatsApp masih menjadi kanal komunikasi bisnis paling favorit di Indonesia. Berdasarkan riset internal Wappin, penggunaan WhatsApp untuk bisnis di Indonesia meningkat hingga 113 persen di penghujung tahun lalu.
Sebabnya, selain memudahkan bisnis untuk membangun komunikasi secara personal dengan pelanggannya secara masif, WhatsApp juga merupakan kanal komunikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia.
Dengan begitu, wajar saja kalau WhatsApp sangat efektif digunakan untuk komunikasi bisnis. Sejak 2019, Wappin telah menghadirkan layanan WhatsApp Business Platform, yaitu solusi WhatsApp yang dikhususkan untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan perusahaan berskala menengah hingga besar.
Berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business biasa, WhatsApp Business Platform menyediakan berbagai fitur yang lebih canggih khusus untuk penggunaan komersial bisnis. Pun, layanan ini tidak bisa langsung didapatkan dengan mengunduhnya dari app store atau play store.
WhatsApp Business Platform hanya bisa didapatkan melalui WhatsApp Business Solution Provider, perusahaan yang resmi dan secara langsung bekerja sama dengan WhatsApp, seperti Wappin, salah satu produk SPE Solution.
Hingga 2022, berbagai klien Wappin dari beragam industri telah menggunakan Wappin untuk membangun customer service pada WhatsApp menggunakan chatbot, mengirimkan OTP, billing pembayaran, dan promosi marketing, mendapatkan akun verifikasi centang hijau, serta berbagai kebutuhan lainnya.
"Komunikasi antara bisnis dan pelanggannya menjadi makin krusial. Apalagi menjelang Ramadhan dan Lebaran. Karenanya, Wappin menyediakan one-stop solution untuk membantu pebisnis menjaga komunikasi dengan pelanggannya, khususnya melalui WhatsApp, baik untuk kebutuhan marketing, sales, maupun customer service," kata Kepala Eksekutif SPE Solution Rico L Simarmata, Jumat, 1 April 2022.
Selain solusi WhatsApp Business Platform, Wappin juga menyediakan layanan lainnya seperti omnichannel. Omnichannel yang disediakan Wappin sendiri mampu digunakan bisnis untuk menghubungkan akun resmi WhatsApp dan berbagai kanal komunikasi lain seperti email, media sosial, dan e-commerce ke dalam satu dashboard saja.
Hasilnya, selain bisa menggunakan berbagai fitur canggih WhatsApp, bisnis bisa terhubung dengan pelanggannya di mana saja dalam satu platform dan memudahkan pekerjanya dalam mengelola pesan pelanggan yang datang dari berbagai kanal berbeda.
Saat ini, Wappin sudah digunakan oleh berbagai industri dan organisasi, seperti universitas, sekolah, rumah sakit, bank, lembaga pemerintahan, dan juga berbagai perusahaan ternama di Indonesia.