Cara Membuat Email Mudah dan Praktis, Bisa Lewat HP atau PC
- U-Report
VIVA – Cara membuat email sebenarnya terbilang sangat mudah untuk dilakukan, baik melalui ponsel atau komputer. Saat ini, pemakaian email sudah semakin marak dilakukan, apalagi untuk mereka yang bergelut di dunia pendidikan, pekerjaan, dan lain sebagainya.
Email sendiri merupakan singkatan dari electronic mail, yaitu sebuah pesan yang didistribusikan lewat sarana pos elektronik atau pos-el yang memiliki fungsi untuk menukarkan pesan secara instan dari sebuah sistem ke sistem yang lain dengan bantuan internet.
Surat elektronik tersebut bisa berisi teks, dokumen, gambar, atau lampiran yang dikirim melalui jaringan internet atau kelompok tertentu.
Sebelum kamu mengirim email, kamu harus memiliki alamat email terlebih dahulu sebagai identitas diri. Untuk cara membuat email, kamu perlu membuat akun baru dengan memakai jasa penyedia email.
Saat ini, sudah banyak jasa yang membuat akun email baru. Beberapa media yang kerap dipakai adalah Gmail, Yahoo, dan Outlook.
Nah, untuk kamu yang semakin penasaran tentang cara membuat email baru lewat ketiga penyedia jasa email tersebut yang bisa diakses lewat telepon seluler atau komputer, simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber.
Cara Membuat Email di Gmail
Google Mail atau kerap disebut sebagai Gmail merupakan layanan email yang dimiliki oleh Google. Akun tersebut bisa dipakai untuk sejumlah kegiatan. Mulai dari berkirim surat, menjadi identitas diri, pemasaran, bisnis, dan masih banyak yang lainnya. Nah, berikut adalah langkah-langkah membuat email baru memakai Gmai.
- Buka browser dan kemudian buka laman accounts.google.com.
- Setelah itu, pilih ‘Sign Up’ untuk membuat akun baru.
- Tambahkan nama depan dan nama belakang.
- Buat alamat email yang kamu inginkan. Alamat email ini bisa gabungan dari huruf, angka, dan tanda titik.
- Buat konfigurasi kata sandi minimal delapan karakter yang terdiri dari huruf, angka, dan simboil. Kemudian pilih ‘Berikutnya’.
- Tambahkan nomor telepon (opsional).
- Tambahkan alamat email pemulihan (opsional).
- Isi tanggal lahir dan jenis kelamin kemudian klik ‘Berikutnya’.
- Ketika memasuki halaman privasi dan persyaratan, pilih ‘Saya setuju’ untuk menyelesaikan pendaftaran akun kamu.
Cara Membuat Email di Outlook
Outlook merupakan layanan email berikutnya dan merupakan bagian dari Microsoft. Layanan tersebut pada dasarnya memiliki fungsi untuk mengirimkan email, tapi juga dilengkapi dengan beberapa fungsi lain, seperti kalender, pengelolaan tugas, pengelolaan kontak, pembuatan catatan, pencatatan jurnal, dan penelusuran web. Nah, berikut adalah cara membuat email di Outlook.
- Buka laman outlook.com melalui browser.
- Pilih ‘Create free account’
- Buat alamat email yang kamu inginkan dan pilih domain email antara outlook.co.id, outlook.com atau hotmail.com.
- Buat kata sandi yang kamu ingin gunakan untuk akun tersebut.
- Tambahkan nama depan dan nama belakang.
- Tambahkan negara dan tanggal lahir.
- Langkah terakhir, pecahkan teka-teki untuk menyatakan bahwa kamu bukan robot.
- Setelah selesai, email Outlook kamu sudah aktif.
Cara Membuat Email di Yahoo
Cara membuat email di Yahoo adalah yang paling mudah karena kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Dengan begitu, kamu dapat mengakses Yahoo Mail, Yahoo Finance, Yahoo Sports, dan lain sebagainya. Nah, berikut adalah langkah-langkah membuat email di Yahoo.
- Buka laman login.yahoo.com di browser.
- Kemudian pilih ‘Buat akun’ dan isi nama depan serta nama belakang.
- Lalu, buat alamat email sesuai keinginan.
- Buat kata sandi yang kuat dan unik supaya lebih sulit untuk diretas.
- Tambahkan nomor telepon seluler yang aktif untuk proses verifikasi dan pemulihan akun.
- Tambahkan tanggal lahir sebagai indikator untuk persyaratan usia membuat akun Yahoo.
- Pilih ‘Lanjutkan’ dan ikuti seluruh petunjuk yang ada di layar untuk verifikasi nomor telepon kamu.
- Selesai, email Yahoo kamu sudah aktif dan bisa langsung digunakan.
Cara Membuat Email di Ponsel
Untuk kamu yang tidak mau ribet membuka laptop, kamu dapat membuat email melalui ponsel dengan memakai cara di atas yang bisa diakses lewat browser atau memakai aplikasi yang sudah disediakan. Cara membuat email baru dengan menggunakan ponsel, simak ulasan berikut ini.
- Buka aplikasi Email atau Gmail yang ada di ponsel.
- Kemudian pilih penyedia email sesuai keinginan, seperti Gmail, Yahoo, dan lain sebagainya.
- Tambahkan informasi, alamat email, dan kata sandi.
- Kemudian pilih nama sesuai akun kamu.
- Selesai, kamu sekarang bisa mengirim atau menerima pesan dari orang lain.
Manfaat Menggunakan Email
1. Sebagai Identitas Diri
Email juga menjadi salah satu identitas diri lantaran aktivitas yang berada di kamar internet memerlukan data pribadi. Bila kamu aktif di media sosial, maka alamat email ini akan sangat diperlukan sebagai sebuah identitas diri. Mempunyai sebuah email yang telah jadi sumber kewajiban. Sebab, melalui email ini, kamu dapat melakukan layanan apa digital, baik posel atau laptop.
2. Sebagai Media Pemasaran
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, email juga dapat dipakai untuk media pemasaran sebuah produk. Sebab, lewat email kamu dapat mempromosikan atau informasi lain kepada beberapa orang secara sekaligus. Meskipun pemasaran tersebut dikatakan sebagai pemasaran online paling tua, tapi strategi marketing ini masih termasuk ke dalam salah satu pemasaran yang efektif.
3. Merger dengan Goggle Meet
Google mempunyai sebuah layanan panggilan video yang dinamakan sebagai Google Meet. seiring dengan merebaknya pandemi Covid-19 di Indonesia, pemakaian Google Meet ini semakin meningkat. Biasanya, Google Meet dipakai salah satu sarana belajar, rapat,diskusi sampai seminar virtual. Jika kamu ingin membuat room meet, kamu bisa mengklik opsi ‘Meet’ yang terletak di pojok knan bawah.
4. Jangkauan Luas
Email sendiri bisa diakses oleh semua orang dimanapun ia berada. Artinya, bila lokasi pengirim surat lebih jauh dari lokasi penerima surat, maka pesan tersebut bisa kamu kirimkan dan terima dengan akses yang sangat mudah.
5. Penyimpanan Data
Tahukah kamu bahwa email memiliki penyimpanan jangka panjang. Memakai email berarti kamu bisa melihat pesan yang sudah diterima dari tahun-tahun sebelumnya. Pesan ini akan secara otomatis digital dan juga tidak mudah rusak, berbeda status. Tentunya berbeda dengan pesan tradisional yang memakai kertas yang rapuh.
6. Ramah Lingkungan
Email tidak memakai kertas sehingga kamu dapat menjaga kesehatan dan juga kelestarian lingkungan. Bayangkan saja, bila tidak ada email, betapa banyak pohon yang akan ditebangi untuk memuat kertas, amplop dan bahan lainnya.
7. Gratis
Tentunya memakai email tidak dipungut biasa atau gratis. Bila dibandingkan dengan pengiriman pesan secara tradisional, email mempunyai keunggulan mulai dari segi biaya lantarna tidak harus membeli kertas, alat tulis, perangko, lem, dan lain sebagainya untuk bisa mengirim pesan.