Ini Inovasi Layanan dan Kontribusi IndiHome untuk Indonesia di 2021

Slamet Baskoro, Teknisi IndiHome
Sumber :

VIVA – Sepanjang 2021, IndiHome, layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk (Telkom) memberikan beragam inovasi layanan dan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kuota Roaming 100GB hanya Rp40 Ribu, Daya Jangkau hingga Negara Dekat Kutub Selatan

Mulai dari higher speed same price, penurunan harga paket internet hingga program-program inovatif yang mendukung aktivitas tanpa batas masyarakat dengan internet. Selengkapnya, berikut kaleidoskop inovasi dan kontribusi IndiHome di tahun 2021.

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan IndiHome

Realme C75, Harga Rp2 Jutaan tapi Bisa Komunikasi Tanpa Internet

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setianya, IndiHome hadirkan berbagai inovasi layanannya. Mulai dari program IndiHome Selalu di Hati, CX Commander, penyesuaian Uplink Downlink ratio yang semula 1:5 menjadi 1:3, program Higher Speed Same Price. Melalui program ini, pelanggan setia IndiHome dapat menikmati kecepatan internet yang lebih tinggi tanpa adanya biaya tambahan. Misalnya, pelanggan dengan 20 Mbps akan mendapatkan kecepatan internet 30 Mbps secara gratis.

Dari aspek harga yang ditawarkan, IndiHome terus melakukan pembenahan (improvement pricing) dengan memberikan harga yang lebih terjangkau dengan benefit yang lebih baik setiap tahunnya.

Jenderal Polisi Jadi Penjaga Internet Indonesia, Siap Bersih-bersih Sampah Digital

Dibanding tahun-tahun sebelumnya, harga paket internet IndiHome tahun ini mengalami penurunan 15-20%. Sebelumnya, untuk berlangganan paket 20Mbps seharga Rp 315.000 dan Rp 2.655.000 untuk 300 Mbps. Namun sekarang range harga yang ditawarkan mulai dari Rp275.000 untuk 20 Mbps hingga Rp1.725.000 untuk 300 Mbps.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan, IndiHome secara kontinyu melakukan pengayaan konten melalui kerja sama strategis dengan penyedia konten (content provider) global dan local seperti Disney+, Lionsgate, Viu, Catchplay+, Mola, Vidio, Vision+ dan CXO serta lebih dari 200 channel TV yang semuanya bisa disaksikan dalam satu layar di IndiHome TV. Inovasi tersebut menjadikan IndiHome TV sebagai jendelanya hiburan (windows entertainment) masyarakat Indonesia.

Penetrasi Produk dan Layanan Baru IndiHome

Sesuai taglinenya ‘Aktivitas Tanpa Batas’ IndiHome memberikan berbagai produk dan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Terhitung saat ini IndiHome memiliki 5 varian layanan mulai dari 3P Reguler hingga 2P phone digital, varian kecepatannya juga beragam mulai dari 30 Mbps hingga 300 Mbps.

Menurut E. Kurniawan, Vice President Marketing Management Telkom, komposisi pelanggan IndiHome mengalami perubahan yang signifikan.

“Dari sebelumnya 71% didominasi pelanggan dengan kecepatan 10 Mbps ke bawah. Sekarang, berkurang menjadi 33%. Targetnya di tahun 2022 pelanggan IndiHome berlangganan di atas 20 Mbps,” jelas E. Kurniawan.

Bahkan di beberapa zona marking berdasarkan level kompetisi dan daya beli pelanggan, IndiHome menerapkan harga jual minimum mulai dari paket kecepatan 30Mbps, hasilnya paket tersebut sangat diminati oleh pelanggan. Selain itu, Paket Pembayaran di Depan, paket perangkat mandiri atau BYOD (Bring Your Own Device) juga menjadi pilihan pelanggan.

Digital Channel IndiHome

Untuk memudahkan pelanggan berlangganan, IndiHome membuka berbagai channel digital yang dekat dengan masyarakat. Mulai dari landing page, media sosial, Sobat IndiHome hingga layanan melalui eCommerce ternama di Indonesia dan aplikasi myIndiHome. Secara khusus, IndiHome menghadirkan wajah baru dan pengalaman baru yang seru bagi pelanggan melalui aplikasi myIndiHome.

Pelanggan bisa mengatur jadwal kedatangan teknisi untuk pasang baru, tagihan dan perbaikan layanan sesuai keinginan pelanggan. Dan pembayaran tagihan juga bisa mudah melalui LinkAja.

Inovasi lain untuk digital channel IndiHome juga hadir di Plasa Telkom Digital (smart plasa). Merupakan inovasi touch point dari Telkom untuk melayani pelanggan IndiHome. Sebelumnya, layanan Plasa Telkom dikerjakan secara manual dengan dukungan dari customer service.

“Dengan mengusung semangat new digital experience, smart plasa disediakan untuk berinteraksi dan bertransaksi antara petugas Telkom Group dengan pelanggan maupun calon pelanggan secara virtual,” lanjut E. Kurniawan.Smart Plasa kini sudah hadir di Pekanbaru, Yos Sudarso Jakarta Utara, Palmerah Jakarta Barat, Fatmawati Jakarta Selatan, Gegerkalong Bandung, Cirebon, Purwokerto, Denpasar, Surabaya, Madiun, Kupang, Balikpapan, Samarinda, Pare-pare, Manado, Lampung, Semarang, Sidoarjo, Gerlong, Yogyakarta, Pekalongan, Solo dan Pasuruan.

Customer Engagement

“Bukan hanya aspek bisnis semata, IndiHome juga senantiasa peduli pada ranah sosial, seni, budaya dan olahraga (eSport) di Indonesia,” jelas E. Kurniawan. Berikut adalah inovasi customer engagement sekaligus sebagai bentuk nyata dukungan IndiHome turut serta mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

1. IndiHome Gideon Badminton Academy

Melalui Telkom Regional 2, IndiHome memberikan memberikan fasilitas kepada generasi muda maksimal usia 15 tahun, di wilayah Jabodetabek dan Banten untuk mengembangkan minat dan bakatnya pada cabang olahraga badminton. Sepuluh pemenang, mendapat fasilitas biaya pendidikan badminton selama satu tahun disertai dengan penunjang kehidupan pribadi para peserta.

2. IndiHome Wonderful Papua

Untuk mewujudkan pemerataan akses internet di Indonesia Timur serta mendukung PON XX, IndiHome hadirkan program IndiHome Wonderful Papua yang terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan seperti pembangunan 50 Wifi.id Corner dan dukungan untuk komunitas di bidang pendidikan dan memberikan dukungan kreatifitas cover song competition Gita & Nada Papua bersama IndiHome.

3. IndiHome Pesona Aceh

Sukses di Papua, IndiHome menyapa Aceh melalui tiga misinya: connectivity, creativity dan charity (3C) yang diwujudkan melalui rangkaian proram seperti: pembangunan 50 Wifi.id Corner (WiCo). Dukungan kreativitas melalui kompetisi seni dan budaya, serta memberikan bantuan sosial (charity) untuk komunitas di bidang lingkungan, kesehatan dan pondok pesantren.

4. Just on IndiHome (JOIN)

Sebuah program edukasi tematik yang membahas pengetahuan terupdate, disampaikan oleh para ahli dan influencer yang berpengalaman di bidangnya. Mulai dari praktisi bisnis Prof Rhenald Kasali, pengamat marketing Yuswohadi, hingga komedian Tretan Muslim dan Dustin Tiffani. Tayangan JOIN sendiri mendapat respon yang positif di masyarakat

5. LEAD by IndiHome

Inovasi lain yang IndiHome hadirkan di tahun 2021 adalah LEAD by IndiHome, sebuah akademi eSport dengan konsep athlete enablement, yaitu memberdayakan dan melatih seorang gamer (player) yang semula bermain game sebatas hobi, menjadi professional player (pro-player) yang bermental atlet. Para calon atlet eSport binaan IndiHome juga mendapat kesempatan sesi mentoring (coaching clinic) dari para pakar. Diantaranya sesi mentoring ahli gizi atlet bersama DR. Mirza Hapsari dan sesi sportmanship dan nasionalisme dari Coach Indra Sjafri.

6. Indonesia Keren  

Setelah melewati seleksi ketat dari dewan juri, IndiHome menentukan empat belas kotestan terpilih Indonesia Keren yang akan tampil di pertunjukan seni internasional, yaitu World Expo Dubai 2020, pada 5-6 Januari 2022 mendatang. Mereka akan menampilkan karya seni budaya yang berasal dari berbagai etnis di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Sebelum tampil di Dubai, mereka juga dibekali dengan latihan secara daring dari para coach professional, seperti creative director, Rangga Djoened  dan koreografer profesional seni dan budaya Indonesia, Dudy Gunawan.

7. Lebih Baik Sebar yang Baik

Bersama Brand Ambassador IndiHome, Mikha Tambayong dan keluarga Titi Kamal mengajak mengajak masyarakat Indonesia untuk menyuarakan kebaikan melalui program “Lebih Baik Sebar Yang Baik (LBSYB)”. Para peserta diberikan kebebasan untuk menyarakan kebaikannya dalam bentuk karya seperti audio, video maupun microblog. Semua karya yang dikumpulkan akan diseleksi langsung oleh brand ambassador IndiHome dan berkesempatan mendapatkan hadiah menarik dari IndiHome.

8. IndiHome Blogger Days

IndiHome Blogger Days adalah ruang berkarya dan berbagi bersama narablog di seluruh Indonesia untuk berkontribusi bagi bangsa dan melahirkan karya tulis yang dapat meningkatkan literas digital di Indonesia. Bersama para narablog di Indonesia, IndiHome menggelar beragam kegiatan seperti bakti sosial, sharing session hingga lomba menulis blog dengan hadiah total senilai Rp 22,5 juta yang diperiode awal terkumpul lebih dari 200 karya tulis yang disertakan dalam lomba.

9. IndiHome Charity 2021

Tidak hanya aspek bisnis yang diperhatikan, aspek sosial kemasyarakatan juga IndiHome pedulikan. Terbukti setiap kuartal, IndiHome memberikan bantuan kepada komunitas- komunitas masyarakat di Indonesia yang membutuhkan, seperti bantuan untuk anak yatim dan dhuafa, bantuan utk korban banjir dan longsor NTT, erupsi Gunung Semeru, pengobatan mantan pebasket Papua, Jaclien Ibo dan pemberdayaan di Kampung Hobong Papua.

10. Dukungan untuk Mandalika

Untuk menyukseskan perhelatan World Superbike (WSBK) di Mandalika International Street Circuit pada November 2021 lalu, IndiHome secara khusus, mengirimkan bantuan teknis (Bantek) sebanyak 16 orang untuk membangun jaringan ICT dengan cepat dan akurat di sekitar kawasan event. IndiHome juga ikut meramaikan perhelatan acara dengan mendirikan booth sebagai bahan promosi dan edukasi kepada peserta di WSBK.

11. Gebyar Maju Terus Bersama IndiHome 2021

Gebyar Maju Terus Bersama IndiHome merupakan dukungan dari IndiHome berupa dana pendidikan dan modal usaha senilai Rp4 miliar, yang bertujuan untuk mendukung kreativitas dan produktivitas masyarakat Indonesia. Program ini diselenggarakan mulai 1 Januari 2021 sampai 31 Desember 2021. Program Gebyar Maju Terus Bersama IndiHome 2021 membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi pelanggan IndiHome di seluruh Indonesia untuk mendapatkan beasiswa pendidikan, pemberian modal usaha, hingga pemberikan beragam fasilitas yang mendukung kemajuan olahraga hingga industri kreatif termasuk e-sport.

12. Brand Ambassador IndiHome

Mikha Tambayong, Christian Sugiono dan Titi Kamal menjadi Brand Ambassador IndiHome. Pemilihan mereka karena selaras dengan semangat IndiHome yang terus mendorong masyarakat Indonesia terus berkarya dan berinovasi, menyebarkan inspirasi serta harapan lewat aktivitas tanpa batas dari rumah. Semangat tersebut tercermin dalam pribadi brand ambassador yang diikenal aktif, berprestasi, produktif dan teladan bagi generasi anak muda Indonesia.

13. Sobat IndiHome Summit

Sobat IndiHome Summit digelar sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang telah bergabung menjadi bagian dari Sobat IndiHome. Selama acara, peserta mendapat pengetahuan baru dan pengalaman seru bersama IndiHome di akhir September 2021 di Bali. Sobat IndiHome adalah peluang baru bagi masyarakat Indonesia untuk yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi agen digital IndiHome.

14. Promo Akhir Tahun 2021

Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), IndiHome hadirkan paket promo akhir tahun 2021 dengan beragam benefit menarik untuk pelanggan lama dan pelanggan baru IndiHome. Untuk pelanggan lama, IndiHome hadirkan channel IndiHome TV tanpa biaya tambahan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 Serta dapatkan bebas akses ke layanan Disney+ Hotstar untuk pelanggan yang melakukan upgrade speed ke kecepatan minimal 50 Mbps. Sementara untuk pelanggan baru, IndiHome hadirkan merchandise eksklusif untuk 1000 pelanggan pertama dan bonus spesial berupa cashback LinkAja Rp100.000 serta tambahan 53 channel TV add-on minipack Upgrade Essential selama 3 bulan.

IndiHome Award

Komitmen IndiHome menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan mendapat apresiasi dan penghargaan bergengsi dari dari berbagai entitas di Indonesia. Selama kurun waktu 12 bulan, IndiHome mendapat 22 penghargaan diberbagai bidang.

Diantaranya: PR Indonesia Award, kategori Marketing Public Relations dari PR Indonesia, The Most Creative Brand Communication Kategori Integrated Brand Campaign (MIX Marcomm), 1st Indonesia Digital Marketing Champions 2021 (Data & Entertaiment) predikat Excellent dari SWA, Indonesia Best Brand Award (IBBA) dari SWA, Penghargaan Indonesia Best Women Empowerment Awards 2021: Redefining The Defined dari Herstory dan Indonesia Gadget Award kategori The Most Innovative Home Internet Services dari Gizmologi.

“Dalam menjalankan perannya sebagai #InternetnyaIndonesia, IndiHome senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan beragam inovasi dan solusi dalam mendukung aktivitas tanpa batas masyarakat Indonesia di mana saja dari pusat kota hingga pelosok desa. Kami berharap, tahun 2022 IndiHome bisa memberikan yang lebih baik lagi bagi masyarakat Indonesia,” tutup E. Kurniawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya