Gaet Konsumen di Ranah Digital Butuh 'Sentuhan yang Beda'

Konsumen digital.
Sumber :
  • Fintech2Bank

VIVA – Dunia bisnis yang terus berkembang menuntut pelaku brand untuk beradaptasi. Mengutip data perkembangan internet terbaru dari We Are Social, pengguna internet di Indonesia saat ini telah mencapai 202,6 juta pengguna aktif atau 73,7 persen dari total penduduk.

SPBU di Sleman Diduga Manipulasi Pompa, Mendag: Kerugian Masyarakat Rp 1,4 Miliar Per Tahun

Terjadinya migrasi konsumen dari offline ke online harus menjadi landasan dalam mengambil keputusan bagi perusahaan. Kepala Eksekutif Tras N Co Indonesia Tri Raharjo mengungkapkan, menggaet konsumen di ranah digital membutuhkan sentuhan yang berbeda dibanding konsumen offline.

Pertama, tentunya bagaimana membangun brand awareness di ranah online. “Berikutnya, hadir di platform di mana konsumen mencari dan membeli produk. Dan, terakhir apa alasan konsumen memilih sebuah produk. Tiga hal ini puzzel yang tidak dapat dipisahkan untuk memenangkan persaingan di era digital,” kata dia, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Indonesia Mau Jadi Raja AI Dunia, Ada tapinya

Namun, ada satu kata kunci untuk benar-benar bisa memenangkan persaingan, yakni brand equity atau nilai lebih sebuah brand dibanding dengan kompetitor. Apakah sebuah brand mudah dikenali dibandingkan pesaing. Untuk membangunnya pun dibutuhkan strategi khusus bagaimana sebuah brand menciptakan pengalaman yang berkesan bagi konsumen.

Pada era digital, ada lima tahapan penting seorang konsumen dalam memilih produk atau brand. Pertama dikenal, yaitu sejauh mana orang tahu tentang brand yang didapatkan melalui media sosial, media masa, iklan, atau pun mesin pencari.

Genjot Inovasi Bagi Konsumen, Unilever Indonesia Fokus 3 Hal Ini

Kedua disukai. Konsumen mencari berbagai referensi sebuah produk yang disukai oleh para netizen dengan melihat jumlah produk yang terjual, rating, dan review. Ketiga bertanya.

Calon konsumen akan bertanya kepada penjual melalui berbagai sarana komunikasi, baik melalui marketplace, media sosial, WhatsApp, dan sarana chat lainnya. Keempat dipilih. Setelah konsumen mendapat informasi yang lengkap maka konsumen akan memilih produk berdasarkan harga, kualitas produk, merek, rating, dan review.

Terakhir, memberikan penilaian melalui rating dan review terhadap produk atau brand yang dibeli. Untuk itu, Tras N Co bersama Infobrand menggelar penghargaan Brand Choice Award 2021 untuk fase kelima untuk diberikan kepada brand-brand terbaik berdasarkan hasil riset Brand Choice Index 2021 dengan mengacu kepada tiga parameter.

Ketiganya yaitu Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, dan Digital Consumer Reviews & Rating Aspect. Proses riset dilakukan pada Juli-September 2021 terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand.

Adapun peraih Brand Choice Award 2021 fase kelima ini antara lain Mama’s Choice (Nipple Cream), Speeds (Dumbbell, Gym Ball, Hand Grip), Hasston (Gergaji dan Palu), Greenara (Chia Seed dan Muesli), Tekiro (Kunci T), Rexco (Pelumas Anti Karat), Kahf (Eau De Toillette Pria).

Menu Taste of The World McDonald's 2022.

Bisnis Lokal di Berbagai Negara Dapat Angin Segar Imbas Masifnya Boikot Produk Terafiliasi Israel

Aksi boikot terhadap berbagai produk dari perusahaan yang terindikasi memberikan dukungan untuk Israel jadi angin segar untuk bisnis lokal dengan produk sejenis tumbuh.

img_title
VIVA.co.id
26 November 2024