Samsung Galaxy Tab A7 Lite: Tablet Multifungsi yang Menyenangkan

Sumber photo: samsung.com
Sumber :

VIVA – Samsung Galaxy Tab A7 Lite resmi meluncur di Indoneska pada awal Juni lalu. Hadirnya Galaxy Tab A7 Lite ini juga sekaligus melengkapi jajaran tablet Samsung Galaxy terdahulunya.

Tulisan Tangan Berantakan Jadi Rapih dengan Samsung Galaxy Tab S10 Series

Bedanya, tablet Galaxy Tab A7 ini dibanderol dengan harga yang terjangkau. Meski “murah”, Samsung Galaxy Tab A7 Lite dibekali sejumlah fitur premium yang mampu mendukung aktivitas seperti kerja dari rumah, belajar online, hingga mencari hiburan.

Apa saja fitur dan kelebihan perangkat tablet Samsung yang satu ini?

Samsung Galaxy S24 FE: HP Flagship, Harga Terjangkau

Handy

Samsung Galaxy Tab A7 Lite memiliki bobot 371 gram dan ketebalan 8 mm. Dengan bobot dan ketebalan tersebut, tidak heran jika saat digenggam, tablet ini terasa ringan dan tipis. Sehingga menjadikan tablet ini menjadi mudah untuk dibawa dan digunakan di mana saja. 

Rahasia Nonton Film Tanpa Cahaya Pantulan, Samsung Punya Jawabannya

Selain itu, tablet Samsung ini memiliki layar LCD TFT seluas 8,7 inci dengan resolusi 800 x 1.340 piksel. Ukuran yang cukup luas untuk sebuah layar tablet, namun tetap bisa digenggam dengan satu tangan. 

Untuk diketahui juga, untuk penggunaan satu tangan, ada fitur One Hand Operation+ yang sangat membantu. Ini adalah fitur sistem navigasi yang berbasis gestur di dalam One UI yang memungkinkan kita bisa mengontrol tablet hanya dengan satu tangan.

Fitur ini bisa diinstal melalui Galaxy Store. Ada banyak aksi yang bisa dikustom dengan menggunakan gestur dan semua bisa diseting seusai dengan kenyamanan.

Kebutuhan Entertainment

Samsung Galaxy Tab A7 Lite sendiri hadir dengan ukuran layar 8,7 inci dan resolusi 1340 x 800 (WXGA+). Kelebihan bezel yang tipis juga membuat tampilan layarnya lebih luas, sehingga makin menambah kepuasan saat menikmati film favorit.

Keberadaan teknologi Dolby Atmos juga menjadi nilai tambah. Kualitas audio yang dihasilkan dari Dolby Atmos terdengar sangat baik. Jika ingin merasakan pengalaman sound Dolby yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan earphone atau earbuds.

Selain itu, seperti pada perangkat Android terkini lainnya, tablet ini juga sudah mendukung fitur picture-in-picture (PiP), bagi aplikasi yang mendukungnya.

Picture-in-Picture akan memutar video di dalam sebuah jendela kecil alias floating window yang bisa diatur ukuran dan letaknya di layar. Adanya fitur ini Anda bisa menonton sambil membuka jendela aplikasi lainnya. 

Dukung Multitasking

Layaknya sebuah smartphone, tablet juga memungkinkan kita melakukan beragam aktivitas. 

Bicara performa, tablet yang memilik System-on-Chip Mediatek Helio P22T (12 nm) ini terbilang baik dan bekerja dengan mulus ketika digunakan untuk bekerja, menonton film, ataupun pembelajaran jarak jauh.

Di sisi fitur, Galaxy Tab A7 Lite ini mendukung Anda untuk melakukan multitasking. Salah satunya karena fitur split screen view.

Dengan fitur ini, Anda bisa mengakses dua jendela aplikasi sekaligus dalam satu layar tablet. Tentu ini memberi kemudahan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sayangnya, fitur split screen harus Anda unduh di Galaxy Store karena fitur ini bukan fitur bawaan dari Galaxy Tab A7 Lite. Anda bisa mencari One Hand Operation Plus di Galaxy Store dan mengunduhnya secara gratis.

Fitur yang dimiliki One Hand Operation Plus ini pun beragam dan bisa dipilih sesuai kenyamanan.   

Sebagai contoh, gestur bisa diatur sesuai usapan tangan, baik dari arah kiri, kanan, atas, maupun bawah. Adapun gestur bisa diatur untuk perintah split screen view, memunculkan touchpad virtual, melakukan screenshot, mengatur volume up dan down, auto rotation, kembali ke aplikasi sebelumnya, mematikan layar, membuka panel notifikasi, dan masih banyak lainnya.

Begitupun aktivitas yang dilakukan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom. Saat menggunakan Zoom, kamera depan yang berkapasitas 2 MP masih mampu menawarkan kualitas yang baik.

Kualitas suara yang bagus dan ukuran layar yang cukup besar menjadi dua faktor penting saat anak menerima materi pembelajaran. Teks yang besar cukup penting untuk menjaga kesehatan mata anak.

Dan tentu saja, Galaxy Tab A7 Lite ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk kegiatan belajar mengajar secara online.

Performa

Samsung Galaxy Tab A7 Lite sendiri menggunakan prosesor Mediatek Helio P22T dengan sokongan RAM 3 GB dan ruang penyimpanan 32 GB dengan kapasitas penyimpanan bisa diperbesar menggunakan eksternal microSD sampai 1 TB.

Dengan spesifikasi tersebut, Galaxy Tab A7 Lite masih bisa diandalkan untuk menemani aktivitas sehari-hari. Setidaknya selama penggunaan untuk beberapa aktivitas diatas, spesifikasi tersebut masih cukup baik.

Bermain game seperti PUBG Mobile juga bisa dilakukan dengan lancar, tentu bukan di pengaturan tertinggi.

Dari sisi kamera, sensor dengan kapasitas resolusi yang hanya 8 MP memang terbilang kecil. Tapi untuk hasil foto di kondisi cahaya terang masih cukup oke untuk menyimpan momen.

Baterainya berkapasitas 5.100 mAh dengan fast charging 15W. Pengisian baterai dari kosong sampai penuh membutuhkan waktu sekitar 3 jam, dan tabletnya sendiri bisa dengan mudah dipakai selama seharian penuh dengan penggunaan aktif untuk menonton video dan browsing.

Kesimpulan

Dengan harga Rp 2,5 juta, Samsung Galaxy Tab A7 Lite bisa menjadi pilihan tablet yang masuk budget namun tetap dapat mendukung beberapa aktivitas dan hiburan yang Anda butuhkan.

Selain itu, perangkat ini juga memiliki keunggulan dari sisi desain, yakni ringan, tipis, dan bisa digenggam dengan satu tangan. Tentu ini memudahkan tablet untuk dibawa dan digunakan di mana saja.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite juga cocok untuk dipakai oleh anak-anak, misalnya untuk sekolah online, atau sekadar bermain game ringan untuk mengisi waktu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya