Di Momen Ulang Tahun, BNI Sukses Ajak 250.000 UMKM Go Online

Direktur Bisnis UMKM BNI Tambok P Setyawati (Kanan) dan Pemilik Tenun Puta Dino Kayangan Anita Gathmir (Kiri) menunjukkan kain tanda apresiasi dari Kesultanan Tidore pada Show Case Cinta Produk Nusantara di Lobi Grha BNI, Jakarta, Senin (6/7) 2020.
Sumber :

VIVA – Dunia Online kini telah menjadi peradaban baru yang tidak dapat dihindari karena masyarakat semakin dimudahkan dengan adanya era digital tersebut. Untuk itu, menapaki usia 74 tahun, BNI menegaskan komitmennya untuk  mendorong UMKM agar mahir berdigital dan Go Online demi menggapai pasar yang semakin luas, konsumen yang semakin banyak, serta meningkatkan derajatnya menjadi pelaku usaha modern. 

Cuan Mengalir Deras berkat Digitalisasi

Komitmen itu terbukti, hingga Juni 2020, BNI telah sukses mengajak 250.231 UMKM untuk Go Online. UMKM terbaru yang diajak Go Online adalah para pengrajin wastra  (dalam bahasa sanskerta berarti "kain") yang langka dari 7 Pulau di Indonesia. BNI memboyong ke - 7 kain tersebut dari daerah pelosok ke Jakarta hingga 9 Juli 2020 ini. Masyarakat yang berkeinginan memiliki kain – kain bernilai tinggi ini dapat mengakses website www.bunganusantara.id. Kesempatan memiliki kain – kain ini disiapkan BNI sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke - 74 BNI dan bentuk dukungan perusahaan terhadap Gerakan Bangga Buatan Indonesia yang sedang digalakan pemerintah.


Corina Leyla Karnalies Direktur Bisnis Konsumer mengungkapkan, wujud Go Online atas produk - produk Wastra Nusantara tersebut diimplementasikan dengan adanya situs www.bunganusantara.id. Dengan adanya situs itu, siapapun dapat membeli kain - kain bernilai tinggi tersebut secara online, dan di sisi lain, para pengrajin dan UMKM akan mendapatkan pasar baru.

Perbankan Ditegaskan Perlu Aturan Turunan Akselerasi Hapus Tagih Utang Petani hingga Nelayan

Wastra 7 pulau yang ditampilkan dalam pameran ini dan di situs  www.bunganusantara.id adalah Tenun Tidore dari Maluku Utara, Songket Lombok dari Nusa Tenggara Barat, Tenun Pontianak dari Kalimantan Barat, Tenun Sengkang dari Wajo Sulawesi Selatan, Tenun Manggarai dari Nusa Tenggara Timur, Batik Tanah Liek dari Sumatera Barat dan Batik Wonogiren dari Jawa Tengah. 

Agar produk UKM Wastra Nusantara ini naik kelas, BNI berkolaborasi dengan beberapa desainer ternama Indonesia. Para desainer ini akan membuat karya berbahan kain dari 7 pulau ini agar menjadi fashion modern tanpa meninggalkan nafas budaya aslinya.

Terus Dorong Pelaku UMKM Naik Kelas, BRI Telah Salurkan KUR Rp158,6 Triliun

“Kolaborasi BNI dengan UKM Wastra 7 Pulau dan 4 Desainer Ternama Indonesia ini merupakan langkah nyata dari kami, untuk menjadikan Wastra Nusantara dihargai melalui kreasi karya fashion desainer sebagai influencer fashion di tanah air, yang pada akhirnya karya tersebut akan menjadi trend fashion & inspirasi bagi dunia fashion untuk bersama memajukan ekonomi bangsa melalui cinta produk nusantara & bangga buatan Indonesia,” ujar Corina.

BNI memilih Wastra sebagai representasi produk original Indonesia yang patut dibanggakan karena setiap helai kain tidak hanya mengandung budaya dan kreativitas pembuatnya, melainkan juga memiliki memori peradaban. Jika satu Wastra hilang, maka dikhawatirkan hilang pula simbol sebuah peradaban luhur nusantara.

Situs bunganusantara.id mengacu pada program yang didesain agar dapat membantu UMKM Go Online, mulai dari persiapan awal (mengenal fotografi dan teknik pengemasan produk) hingga cara meng-upload produk di marketplace. Program ini disebut BNI UKM Unggulan Nusantara (Bunga Nusantara). Pelaku usaha yang diajak tidak terbatas hanya pada beberapa jenis produk saja, tetapi merata, mulai dari fashion, kerajinan hingga kuliner.  Ini adalah upaya BNI dalam mengangkat potensi UKM daerah ke kancah nasional & internasional. 

Selain itu BNI juga aktif menyalurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta mengembangkan kapasitas dan kapabilitas UMKM agar Naik Kelas melalui program-program pelatihan pengembangan bisnis dan digital marketing yang secara kontinu diadakan oleh Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI untuk UMKM Indonesia. Hingga saat ini, BNI membina 44 Rumah Kreatif BUMN yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Promo HUT BNI

Dalam rangkaian HUT BNI ke - 74, BNI mendorong UKM untuk mulai bangkit di era New Normal dengan membantu memasarkan produk- produk nya dengan penawaran Istimewa bagi pemegang Kartu Debit dan Kartu Kredit BNI diantaranya program cicilan 0%, BNI Casback, BNI Reward Points serta beragam penawaran menarik lainnya.

BNI juga menghadirkan e-Katalog Berseri 1.740 UKM Nusantara sepanjang Juli 2020 untuk membantu pemasaran produk UMKM secara online hingga dapat menjangkau ke pelosok Indonesia.

Wedang dan Kuliner

Selain Wastra Nusantara, kegiatan Bangga Buatan Indonesia ini juga menampilkan 7 Wedang Nusantara seperti Air Guraka Ternate, Wedang Uwuh, Wedang Sereh, Bajigur, Lemori, Jahe Merah, The Temulawak serta 40 Snack Nusantara dari UKM Unggulan BNI. UKM yang ditampilkan dalam kegiatan Cinta Produk Nusantara ini merupakan mitra binaan Bank Negara Indonesia yang berasal dari Rumah Kreatif BUMN serta pelaku usaha yang mendapatkan pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat BNI. 

HUT ke-74 BNI  bertema Satukan Energi untuk Indonesia di Era New Normal yang menjadi momentum untuk turut mendukung langkah pemerintah dalam membangkitkan perekonomian bangsa di era normal baru melalui UKM dan Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Dengan membeli produk UKM dalam kegiatan ini, secara tidak langsung karyawan BNI telah membantu pelaku usaha untuk bangkit dan bertahan dengan bisnisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya