Layanan GoLife akan Ditutup Mulai 27 Juli 2020

Golife kampanye #HilangkanBatasan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.
Sumber :
  • Reza Fajri

VIVA – Gojek akan menutup layanan GoLife, yang meliputi layanan GoMassage dan GoClean, serta GoFood Festival. Penutupan layanan GoLife ini akan mulai efektif berlaku pada 27 Juli 2020. 

Biaya Amanda Manopo Pakai Ojol Selama Satu Tahun Bisa Beli Mobil Baru

Keputusan tersebut berdampak pada 430 karyawan (9 persen dari total karyawan), yang sebagian besar berasal dari divisi yang terkait dengan GoLife dan GoFood Festival. Mereka akan meninggalkan Gojek, sebagai bagian dari evaluasi terhadap struktur perusahaan secara keseluruhan.

Dalam keterangannya, keputusan ini diambil pihak Gojek berdasarkan evaluasi atas situasi makro ekonomi dan perubahan perilaku masyarakat yang menjadi lebih waspada terhadap aktivitas yang melibatkan kontak fisik ataupun kegiatan yang tidak memungkinkan untuk berjaga jarak.

Gojek Kasih Tahu Bocoran Cara Asyik Liburan Akhir Tahun dengan Cara yang Lebih Hemat dan Praktis

“Kedua bisnis ini, GoLife dan GoFood Festival membutuhkan interaksi jarak dekat, dan mengalami penurunan permintaan secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir seiring dengan pandemi COVID-19. Aplikasi GoLife dapat digunakan hingga 27 Juli 2020,” kata Gojek dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu 24 Juni 2020.

Baca juga: Meski Kena PHK, Gojek Tetap 'Memanusiakan' Karyawannya

Cara Bikin Gojek Wrapped 2024 yang Ramai di Medsos, Cek Pengeluaran di Aplikasi Selama Setahun

Langkah yang telah diumumkan ini membuat perusahaan dapat menggunakan sumber daya yang ada untuk memperkuat fokus kepada bisnis yang memiliki dampak paling luas, khususnya mencakup tiga layanan inti (GoRide, GoFood dan GoPay).

Di samping juga, layanan yang menunjukkan hasil pertumbuhan yang menjanjikan di tengah pandemi seperti bisnis logistik, yang tumbuh 80 persen sejak awal pandemi dan layanan belanja kebutuhan sehari-hari (grocery) yang telah naik dua kali lipat. 

Penutupan layangan GoLife akan berdampak pada mitra GoLife, karena pandemi COVID-19. Pihak Gojek akan memberikan dukungan berupa ‘Program Solidaritas Mitra COVID-19’ kepada mitra yang aktif menggunakan platform, sebelum adanya pembatasan akibat COVID-19. 

Hal ini berupa program peningkatan keterampilan melalui pelatihan online, yang dapat menjadi bekal jangka panjang untuk memperoleh penghasilan tambahan. Selain itu, Gojek juga akan memberikan program bantuan dana tunai untuk mitra aktif yang memenuhi kriteria.

Karyawan Gojek yang terdampak dengan keputusan ini akan mendapat benefit, termasuk pesangon di atas standar yang ditetapkan pemerintah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya