Dijuluki Tawon Pembunuh, Sekali Sengatan Nyawa Langsung 'Lepas Landas'

Tawon Raksasa Asia (Asian Giant Hornet).
Sumber :
  • Smithsonian Magazine

VIVA – Tawon Raksasa Asia (Asian Giant Hornet/Vespa mandarinia) dijuluki tawon pembunuh. Sebab, sekali sengatan menyebabkan nyawa 'lepas landas' alias kematian. Seorang pria paruh baya berusia 54 tahun di Santiago, Spanyol meninggal dunia pada Minggu, 10 Mei lalu setelah disengat oleh tawon itu.

8 Ide Outfit Berwarna Berani yang Bikin Kamu Percaya Diri Sepanjang Hari

Mengutip situs Sputniknews, Rabu, 13 Mei 2020, pria tersebut meninggal dunia setelah menemukan sarang tawon di dekat sarang lebah yang ia miliki. Tim paramedis kemudian dipanggil oleh tetangga korban, seorang peternak tawon, yang menemukan pria tersebut terbaring kaku di lantai dekat sarang hewan penghasil madu tersebut.

Terlepas dari respons cepat paramedis, pria itu dinyatakan meninggal dunia di lokasi. Menurut mereka, Tawon Raksasa Asia itu dilaporkan menyengat pria itu di alisnya. Tapi, tidak ada penyebab resmi kematian yang dirinci oleh pejabat kesehatan setempat.

Bully? No Way! 10 Sikap Elegan Menghadapi Kebencian Tanpa Alasan

Tawon Raksasa Asia merupakan serangga terbesar di dunia yang berasal dari Asia Timur beriklim tropis, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Timur Jauh Rusia. Serangga penyengat itu juga baru-baru ini ditemukan di wilayah Pasifik Barat Laut Amerika Serikat (AS).

Spesies ini memiliki tubuh berukuran lebih dari dua inchi dari lebah biasa dan langsung disematkan sebagai lebah terbesar di dunia. Tak hanya itu, tawon raksasa itu juga punya sengatan yang dapat membunuh manusia. Tak heran jika Tawon Raksasa Asia ini mendapat julukan tawon pembunuh (killer hornet).

Cara Cerdas Menentukan Ide Self Reward: Rayakan Prestasi Tanpa Menguras Dompet

Tawon tersebut memiliki penyengat yang panjangnya 0,2 inchi yang berfungsi untuk menyuntikkan racun yang dikenal sebagai peptida sitolitik yang menyebabkan kerusakan jaringan dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian. Seperti sengatan serangga lainnya, racun milik tawon raksasa ini sangat berbahaya jika korban alergi terhadapnya.

Awal bulan ini, peternak tawon di negara bagian Washington, AS melaporkan bahwa serangga pembunuh itu sering menyerang sarang lebah madu dan menghancurkan sarang lebah mereka serta meninggalkan kelompok lebah tanpa kepala. Namun, para ahli telah menepis kekhawatiran tentang Tawon Raksasa Asia yang sangat berbahaya bagi manusia itu.

"Jumlah orang yang tersengat dan harus mencari perawatan medis sangat kecil," kata Ahli Entomologi dari Departemen Pertanian AS, Chris Looney. “Orang takut akan hal yang salah. Serangga paling menakutkan di luar sana adalah nyamuk. Orang tidak berpikir dua kali tentang mereka. Jika ada orang yang membunuh serangga maka itu akan menjadi nyamuk,” lanjut Looney.

Tawon Raksasa Asia (Asian Giant Hornet).

Bukan China atau Rusia, Amerika Kewalahan Sama Makhluk Raksasa Ini

Makhluk raksasa ini bisa bikin manusia tewas seketika.

img_title
VIVA.co.id
1 September 2020