Rekor Belanja Online 11.11, 96 Detik Cetak Transaksi Rp20 Triliun
- Alibaba
VIVA – Mayarakat di China rela menghabiskan kocek lebih dari US$14,3 miliar atau Rp201 triliun hanya dalam waktu 64 menit pada gelaran Alibaba's Singles Day. Pendapatan ini memecahkan rekor, yang mana tahun sebelumnya bisa tercapai setelah 107 menit.
Dilansir dari situs Technode, Senin 11 November 2019, Singles Day atau yang dikenal dengan sebutan Hari Belanja Online Nasional 11.11 sudah dimulai sejak tengah malam. Hingga setengah hari total penjualan mencapai US$26,38 miliar atau lebih dari Rp370 triliun.
Fakta-fakta lainnya adalah, hanya butuh 96 detik untuk seluruh penjual di platform mencapai angka US$1,43 miliar atau sekitar Rp20 triliun.
Selama jam sibuk, ada 544 ribu pesanan konsumen per detiknya. Untuk mengatasi peningkatan pengunjung, perusahaan yang berbasis di negeri Tirai Bambu ini memindahkan semua sistem intinya ke server cloud.
Pada pukul 08:00 pagi, toko-toko di Tmall telah mengirimkan lebih dari 100 juta paket, hasil dari pesanan konsumen saat Harbolnas 11.11. President Taobao dan Tmall, Jiang Fan mengklaim gelaran pada tahun ini jadi yang terbanyak.
Tidak hanya Alibaba, platform businee-to-businees seperti AliExpress dan e-commerce Lazada juga turut meramaikan gelaran ini. Tahun lalu total penjualan tembus diangka US$30,8 miliar atau Rp433 triliun.
Kemudian e-commerce JD juga melaporkan, penjualan di festival belanja tahun ini memecahkan rekor yang pernah ada. Pengguna menghabiskan US$16,6 miliar atau Rp233 triliun dari 1 November hingga 11 November.