Kekayaan Alam Kutai Kartanegara, Ada Orangutan hingga Anggrek Hitam

Keanekaragaman flora dan fauna di ibu kota baru Kutai Kartanegara dan Penajam
Sumber :
  • Borneo Channel/ Wikipedia - VIVA.co.id/ Alika

VIVA – Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara mendadak jadi primadona perbincangan setelah Presiden Jokowi mencanangkan ibu kota baru pindah ke dua wilayah kabupaten tersebut. 

Jokowi Bakal Rutin ke IKN Meski Tidak Jadi Presiden

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi di Istana Negara, Senin, 26 Agustus 2019. 

Dua wilayah tersebut rupanya memiliki kekayaan alam melimpah dan ekosistem keanekaragaman hayati. Jika Penajam Paser Utara menjadi rumah bagi spesies rusa dan bunga, kabupaten Kutai Kartanegara juga memiliki sederet potensi daerah. Baca juga: 

Jokowi: Pembangunan IKN Didukung Rakyat Lewat DPR, Keliru Kalau Bilang Proyek Saya

Menurut laman kukarkab.go.id, disebutkan bahwa wilayah Kutai Kartanegara yang saat ini dipimpin oleh Edi Damansyah tersebut mempunyai area wisata ilmu pengetahuan, di antaranya Borneo Orangutan Survival (BOS), Museum Kayu Tuah Himba, dan Planetarium Jagat Raya. 

Dikutip dari situs orangutan.or.id, yayasan BOS didirikan pada 1991, dengan misi konservasi orangutan Borneo dan habitatnya. Yayasan ini bekerja sama dengan masyarakat setempat, Kementerian Kehutanan Republik Indonesia dan organisasi mitra internasional.

Komitmen Jokowi Hadirkan Pendidikan Bertaraf Internasional di IKN

BOS merawat lebih dari 750 orangutan dengan dukungan 400 karyawan. Mereka adalah ahli di bidang primata, keanekaragaman hayati, ekologi, rehabilitasi hutan, agroforestri, pemberdayaan masyarakat, edukasi, dan kesehatan orangutan.

Adapun Museum Kayu Tanah Himba, di sini terdapat ratusan jenis kayu yang ada di Pulau Kalimantan, koleksi biji-bijian, ragam daun kayu, dan kepiting pemakan kelapa. Ada juga sepasang buaya muara yang diawetkan.

Keanekaragaman flora dan fauna juga dimiliki Kutai Kartanegara. Disebutkan terdapat 113 jenis burung, seperti burung Punai, Kirik-Kirik Biru, Kacep, Murai Batu, Sepah dan banyak lagi. Jenis fauna lainnya seperti Owa-owa, Beruk, Lutung Merah, Monyet Ekor Panjang, Babi Hutan dan Bajing Terbang. Sama dengan Penajam Paser Utara, wilayah ini juga memiliki penangkaran rusa sambar. 

Selain itu, flora Kutai Kartanegara tercatat di antaranya pohon Bangkiray (maskot Bukit Bangkiray), koleksi Anggrek Hitam, Anggrek Tebu, Anggrek Mata, Anggrek Bintang, Berpijar. Terdapat juga kebun buah-buahan hutan, yaitu buah manggis, buah mentega, buah lai, buah rambai palembang, ramania, dan kalangkala.

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika di KPK

KPK Blak-blakan Alasan Tetapkan Cawabup PPU Sekaligus Anak Eks Gubernur Kaltim Jadi Tersangka

Cawabup Penajam Paser Utara (PPU) Dayang Donna Walfiaries Tania ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi di Kalimantan Timur (Kaltim).

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2024