Aplikasi Muslim Umma, Sediakan Jadwal Azan hingga Ceramah Ustaz

Aplikasi Umma
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Menjelang bulan suci Ramadan, aplikasi buatan anak negeri, Umma, siap menyediakan layanan informasi dan konten seputar ke-Islam-an. Umma adalah platform yang menyediakan bacaan Alquran, jadwal salat, azan, dan layanan untuk Muslim.

Rayakan HPN 2024, BRI Optimalkan Artificial Intelligence untuk Pelayanan yang Responsif dan Personal

Umma disebut berbeda dengan aplikasi Muslim lainnya, karena dilengkapi teknologi Artificial Intelligence (AI) dan fitur komunitas.

CEO and Co-Founder Umma, Indra Wiralaksmana memiliki misi untuk membantu pengguna menjadi Muslim yang lebih baik dengan pemanfaatan teknologi. Aplikasi ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan kaum Muslim akan informasi seputar Islam, yang terpercaya dalam satu wadah. 

Perluas Kemitraan Strategis, Ingram Micro Gandeng Google Cloud Security hingga NVIDIA

“Sejak kami hadir di tengah masyarakat Indonesia, kami melihat meningkatnya antusiasme terhadap platform Umma. Per April 2019, aplikasi Umma telah diunduh oleh lebih dari 2,5 juta pengguna, dengan pertumbuhan pengguna sekitar 50 persen per kuartal, dari periode Ramadan 2018," katanya dalam keterangan resmi, Jumat 26 April 2019.

Saat ini, konten di aplikasi Umma telah diisi lebih dari 80 ustadz dan ulama populer. Terdapat tiga fitur utama, pertama fitur penunjang beribadah. Pengguna akan tahu waktu shalat dan arah kiblat di lokasi mana pun dengan bantuan GPS. AI di layanan ini akan menawarkan rekomendasi ayat Al-Quran berbagai tema.

OJK Pastikan Perkembangan Teknologi Tak Sebabkan PHK di Perbankan

Kemudian, ada fitur konten, terdiri dari beragam artikel dan video kajian dan ceramah. Konten juga telah disesuaikan dengan AI. Terakhir ialah fitur komunitas, memfasilitasi segala bentuk diskusi dengan pembina yang juga seorang ustaz.

“Jumlah pengguna yang cukup tinggi ini membuktikan bahwa pembelajaran akan Islam telah menyatu dan menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari mulai dari halal travel, fesyen dan hobi, serta gerakan komunitas, terutama di generasi muda,” ujar pemegang saham Umma, Gabrialdi Thohir.

Menurut Indra, platform ini akan terus mempromosikan konten positif yang berisi keberkahan dan kebaikan serta nilai-nilai Islam. Ia juga mengklaim telah mengkurasi berbagai sumber berita dari organisasi dan komunitas Muslim, agar Umma tetap menjadi platform yang kredibel, relevan dan fokus membentuk Muslim menjadi lebih baik.

"Jelang Ramadan 1440 H, platform Umma siap mendukung umat Islam di Indonesia, supaya bisa beribadah dengan lebih maksimal,” kata Indra. Umma sudah tersedia untuk Android dan iOS. (asp)

Forum Kreator era AI

Denny JA Bentuk Forum Kreator Era AI, Ini Alasannya

Denny JA membentuk Forum Kreator Era Artificial Intelligence (AI).

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024