Baru 9 Persen UKM Go Online, Kominfo Merasa Miris
- VIVA/Misrohatun Hasanah
VIVA – Pelaksana tugas Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Slamet Santoso mengatakan, dari keseluruhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia, hanya sembilan persen yang sudah berjualan secara online. Data Kementerian Koperasi dan UKM per November tahun lalu, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 59,2 juta.Â
"Menurut informasi yang kami terima, ada 36 persen yang masih offline, 37 persen sudah memiliki situs web, 18 persen sudah di level menengah dan hanya 9 persen yang sudah ada di platform," ujarnya di Jakarta, Rabu 20 Februari 2019.
Keadaan seperti ini membuat Slamet merasa miris, terlebih Kominfo memiliki program gerakan nasional delapan juta UMKM go online. Maka dari itu Kominfo menggandeng beberapa platform seperti dengan Gojek, Grab, Bukalapak, Blibli, Blanja dan lainnya, untuk mewujudkan target tersebut.Â
Adapun beberapa strategi yang telah Kominfo dan platform siapkan. Pertama adalah bagaimana mereka mendorong UMKM untuk berjualan di platform, kemudian diberikan pelatihan agar pedagang mahir berjualan.Â
Sementara itu, Chief Commercial Expansion Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, melalui program Gojek Wirausaha perusahaan akan mewujudkan program pemerintah. Sistem pelatihan untuk UMKM bukan hanya sekali dilaksanakan, namun memiliki beberapa level.Â
"Untuk level pertama kita kenalkan antara online dan analog. Lalu naik level dua akan diberitahu tentang aset digital, seperti media sosial. Kemudian level tiga kita kenalkan alat-alat buat mereka promo," ujarnya.Â
Adapun tantangan UMKM untuk naik kelas adalah, minimnya modal dan investasi, ketakutan dengan teknologi, sulitnya masuk pasar yang lebih luas dan minim keterampilan manajemen bisnis.Â
Gojek berharap dapat membantu pemerintah untuk mendorong pelaku usaha beralih ke digital. Perusahaan juga bekerja sama dengan pelatih yang sudah khatam dalam bidang wirausaha dan turut menghadirkan UMKM yang sudah naik kelas, untuk memberi motivasi kepada peserta. (ali)