Libur Akhir Tahun, Mayoritas Warganet Sebut Wisata Bali
- ANTARA/Nyoman Budhiana
VIVA – Menjelang pergantian tahun, umumnya banyak masyarakat yang merencanakan liburan ke sejumlah destinasi wisata. Begitu pula masa sekarang ini. Menuju pergantian tahun 2019, sejumlah lokasi wisata menjadi perbincangan hangat di media sosial.
Isentia, perusahaan analisis yang berbasis di Australia menyebutkan, ada 2.322 buzz terkait liburan akhir tahun. Ketika ditilik lebih mendalam, hampir setengahnya atau sekitar 48 persen perbincangan terjadi di Twitter. Diikuti oleh Instagram 37 persen, Facebook 12 persen, dan tiga persen di blog dan forum.
Volume buzz tertinggi terjadi pada 7 Desember lalu, di mana berbagai brand telah banyak mempromosikan liburan akhir tahun yang berbarengan dengan momen Natal.
Destinasi wisata lokal yang diminati mayoritas warganet ialah Bali, yang mendulang buzz 52,2 persen. Diikuti Bandung 12,2 persen, Lombok 8,9 persen, Yogyakarta 7,4 persen, dan Lampung 2,7 persen.
Sementara, destinasi wisata luar negeri mengarah ke Singapura, yang jumlahnya mencapai 108 buzz. Posisi selanjutnya ialah Amerika Serikat dengan 64 buzz, Eropa 59 buzz, Jepang 53 buzz, dan Korea Selatan 51 buzz.
“Dari pemantauan ini, kami menemukan bahwa netizen sudah mulai memperbincangkan seputar liburan akhir tahun sejak Juli lalu,” kata Insight Manager Isentia Indonesia, Rendy Ezra dalam keterangan tertulis, Kamis, 20 Desember 2018.
Adapun brand yang paling banyak mendapat sorotan, yakni sebesar 7,1 persen ialah Bank Mandiri. Hal ini karena berbagai kolaborasi dalam mempromosikan produknya, seperti dengan Garuda Indonesia, Wacoal dan Tumi. (kwo)