Adidas Ikut-ikutan Game Pokemon Go, Jualan Pakai Augmented Reality
- instagram.com/adidas_gallery
VIVA – Teknologi augmented reality (AR) diketahui bekerja dengan baik untuk permainan atau game Pokemen Go. Hal ini rupanya diikuti oleh perusahaan sepatu asal Jerman, Adidas, yang juga mengadopsi AR untuk penjualan produk, terutama sepatu edisi terbatas yang dikenal sulit didapat.
Dikutip dari situs Ubergizmo, Senin, 5 November 2018, Adidas menggunakan AR selama ComplexCon berlangsung pada 3-4 November kemarin. Pelanggan yang tertarik membeli sepasang sepatu kets dapat mengunduh aplikasi ComplexCon.
Aplikasi ini kemudian memberi informasi kepada konsumen melalui notifikasi ketika sepatu yang mereka ingin beli sudah tersedia. Pelanggan hanya perlu klik untuk membuka kunci drop dan mengarahkan kamera ke tanda AR-powered. Lalu, ikuti petunjuk lengkapnya saja.
Setelah pembelian dilakukan maka pelanggan diarahkan menuju loker yang ditunjuk ComplexCon untuk mengambil barang pembelian. Hal ini berguna untuk meminimalisir antrean atau berhubungan langsung dengan pekerja. Menurut Adidas, metode ini bisa menghemat waktu belanja konsumen.
Sebelumnya, membeli sepatu kets dikatakan sulit karena biasanya terganggu oleh bot dan calo. Hal inimembuat pelanggan sulit mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan, kecuali bagi mereka yang tidak keberatan untuk membayar mahal.
Namun, pada awal tahun ini, Adidas memperbaharui aplikasi yang memungkinkan pelanggan memesan sepatu dengan lebih mudah. Apalagi, dengan mengadopsi AR maka pelanggan bisa melakukan cara lain untuk melakukan pembelian.