Cara Tokopedia Mendigitalkan Masyarakat meski Tak Punya Akun Bank
- Instagram/@tokopedia
VIVA – Chief Executive Officer Office Manager Tokopedia, Priscilla Anais mengatakan, pemerataan ekonomi digital sama artinya dengan masyarakat dengan atau tanpa akun bank bisa menikmati layanan yang sama.
Menurut dia, terdapat 20 persen masyarakat yang memiliki akun bank. Dengan demikian, kata Anais, masih ada jalan terbuka sebesar 80 persen bagi masyarakat yang belum memiliki akun.
"Ini supaya pelaku ekonomi, baik offline maupun online, sama-sama memiliki peluang yang besar. Bagaimana kenikmatan perdagangan online juga bisa dinikmati oleh yang belum punya akun bank," kata Anais di Jakarta, Rabu, 17 Oktober 2018.
Ia mengaku, hingga saat ini telah bekerja sama dengan 100 ribu offline payment point untuk mewujudkan keinginannya itu. Lagi-lagi, lanjut Anais, tujuannya agar masyarakat tanpa akun bank tetap bisa berbelanja di Tokopedia.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, menuturkan bahwa ekonomi kreatif ke depannya akan menjadi tulang punggung kekuatan baru.
Ia mengatakan, ekonomi kreatif bisa digunakan semua orang, karena ide dan kreativitas sebagai modal utama. Triawan mencontohkan ide yang membuat Unicorn Indonesia bisa dilirik investor asing.
"Ada tujuh startup Unicorn di Asia Tenggara, dan empatnya dari Indonesia. Ide kreatif kita memiliki potensi bertumbuh besar dan bahkan dilirik investor kaliber dunia," kata Triawan.