Banjir Startup Asing, Ini Solusi Bekraf

Peluncuran BE-X
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia meluncurkan program BE-X, untuk startup yang fokus terhadap pembentukan wirausaha teknologi, baik individual maupun tim. Gegap gempita revolusi industri 4.0 juga turut mengarah ke startup, di mana mereka masih menjadi isu yang sangat besar dalam perkembangan dunia. 

Investasi Teknologi Anjlok, Erick Thohir Serahkan Hibah ke 20 Startup

Wakil Kepala Bekraf, Ricky Joseph Pesik mengatakan, akselerasi adalah sebuah upaya agar apa yang startup inginkan cepat terjadi. Walaupun baru dijalankan untuk pertama kalinya, program ini diharapkan dapat terus berlangsung secara konsisten.

"BE-X akan melakukan seleksi terhadap 42 startup, yang diprediksi mempunyai potensi besar di masa depan. Kami optimis program ini bisa dijalankan secara konsisten, untuk mengembangkan kemajuan startup nasional agar bisa bicara di ruang lingkup yang lebih besar ke depannya," katanya di Jakarta, Jumat malam 19 Oktober 2018.

Alter Siap Gelontorkan Rp 146 Miliar Kembangkan Bisnis Startup di Indonesia

Ricky mengaku tidak khawatir akan banjirnya startup asing di Indonesia. Malah, ia berharap keduanya dapat saling bersinergi.

startup

Keren! Startup Asal Subang Penyedia Kartu Nama Digital Ekspansi ke Malaysia

"Jangan selalu melihat asing menjadi sebuah ancaman, kita jadikan teman. Apalagi kalau konteks kepentingannya untuk bangsa. Kita harus mampu berkolaborasi, agar bisa berkelanjutan dan berkembang," katanya. 

Program ini akan dilaksanakan dalam tiga tahap, rekrutmen, pelaksanaan akselerasi dan demo day. Bagi startup yang ingin mengambil bagian, dapat mendaftar melalui be-x.bekraf.go.id. Selain di Jakarta, program ini juga akan hadir di Medan, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar. 

BRI dan UI Bangun Startup Center Genjot Jiwa Wirausaha Mahasiswa Jadi Pengusaha

BRI dan UI Bangun Startup Center Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa untuk Jadi Pengusaha Sukses

Bank BRI jalin kolaborasi bersama Universitas Indonesia (UI) mengembangkan communuty branch di lingkungan kampus untuk menanamkan jiwa kewirausahan di kalangan mahasiswa

img_title
VIVA.co.id
30 Agustus 2024